Pengaruh E-Learning terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X di SMKN 2 Buduran Sidoarjo
The Effect of E-Learning on the Learning Interest of Class X Students at SMKN 2 Buduran Sidoarjo
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-learning terhadap minat belajar siswa pada kelas X OTKP di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP yang berjumlah 75 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket tertutup dan wawancara tidak terstruktur. Uji coba instrumen mencakup: validitas instrumen dan reliabilitas instrumen. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas dan uji heteroskedastisitas, serta uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis regresi linier sederhana untuk nilai signifikansi sebesar 0,000. Yang mana nilai signifikansi tersebut lebih kecil, maka dapat disimpulkan bahwa e-learning berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa.
The purpose of this study was to analyze the effect of e-learning on student interest in learning in class X OTKP at SMKN 2 Buduran Sidoarjo. This research is a type of research with a quantitative approach. The population in this study were all students of class X OTKP totaling 75 students. Data collection techniques in this study were closed questionnaires and unstructured interviews. Instrument testing includes: instrument validity and instrument reliability. While the data analysis techniques used in this study are: classical assumption test which includes normality test and heteroscedasticity test, and hypothesis testing using simple linear regression test. The results showed that the results of simple linear regression analysis for a significance value of 0.000. Which is the significance value is smaller, it can be concluded that e-learning has a significant effect on students' interest in learning.