IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER TARI MAYANG MADU DALAM PEMBELAJARAN IPS SMP NEGERI 4 LAMONGAN
IMPLEMENTATION OF THE CHARACTER VALUES OF THE CHARACTER OF THE MAYANG HONEY DANCE IN
LEARNING IPS STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 4 LAMONGAN
Abstrak Penelitian ini berangkat dari berkurangnya nilai-nilai karakter pada peserta didik, dimana peserta didik mulai mengikuti kebudayaan barat. Dengan adanya penelitan ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan kesenian kebudayaan lokal Lamongan dan karakter yang baik kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan teori belajar sosiokultural vygotsky dengan cara mengintegrasikan pendidikan karakter yang berwawasan sosial budaya berbasis kearifan dan keunggulan Lamongan kedalam materi pelajaran yang relevan. Tujuan riset ini menggunakan metode kualitatif, tahapan-tahapan metode ini meliputi pendekatan kualitatif dengan studi kasus, pada penelitian ini lokasi yang menjadi tempat pengambilan data yaitu SMP Negeri 4 Lamongan, subjek yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah murid SMP Negeri 4 Lamongan, penelitian telah dilaksanakan pada Tanggal 23 Maret-25 Mei 2022,data yang telah di perolah dari lapangan berupa dokumentasi,observasi,dan wawancara. Data penelitian yang akan disajikan meliputi kegiatan pelaksanaan penanaman karakter saat Pembelajaran berlangsung dan kegiatan saat berada di lingkungan sekolah. Teknik keabsahan data yang di gunakan berupa Kualitatif,keabsahan data kualitatif di bagi menjadi tiga yaitu uji kredibilitas,uji dependibilitas,dan uji objektivitas. Analisis data kualitatif menurut pendapat ahli Miles dan Hilberman yaitu menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian di lapangan menunujukkan bahwa Kearifan lokal kesenian tari mayang madu Lamongan memiliki makna filosofis religius dan tanggung jawab. Dua nilai yang dapat di angkat dalam tarian mayang madu yang kemudian diiimplementasikan kedalam pembelajaran IPS. Kata Kunci: pendidikan karakter, kearifan lokal tari mayang madu lamongan, pedagogik IPS.
Abstract
This research departs from the reduced value of character in students, where students begin to follow the western culture. With this research, it is hoped that it can increase the love of art Lamongan local culture, and good manners among students. This research uses learning theory Vygotsky's socio-cultural approach by integrating character education with socio-cultural insight is based on Lamongan's wisdom and excellence in the relevant subject matter. The purpose of this research is to use qualitative, this method stage includes a qualitative approach with case studies, in this research the location becomes a place of data collection, namely SMP Negeri 4 Lamongan, the subjects that will be used in this research is a student of SMP Negeri 4 Lamongan, the research was carried out on 23-25 March 2022, and the data obtained from the field in the form of documentation, observation, and interviews. Research data to be presented includes implementing character planting activities during learning and activities in the school environment. The data validity technique is in the form of qualitative, qualitative data validity is divided into three, namely the credibility test, dependency test, and objectivity test. Qualitative data analysis according to the expert opinion of Miles and Hilberman uses data reduction techniques, presents the data, then concludes. Results of Research in the field show that the local wisdom of the Mayang honey Lamongan dance has meaning in the philosophy of religion and responsibility. Two values that can be raised in the Mayang honey dance later implementation in social studies learning.
Keywords: character education, local wisdom of the Mayang honey Lamongan dance, IPS pedagogy.