ABSTRAK
Nur Imama, Rama. 2019. Mengembangkan Buku Cerita Interaktif Berdasarkan Kearifan Lokal untuk Membangun Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tesis, Jurusan Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Lies Amin Lestari, M. A., M. Pd., and (2) Ahmad Munir M. Ed., Ph. D.
Kata Kunci: buku cerita interaktif, Kearifan lokal, karakter siswa, siswa SMP.
Buku cerita interaktif yang dikembangkan dalam penelitian ini bertujuan sebagai media untuk membangun karakter siswa melalui cerita yang didasarkan pada kearifan lokal. Studi ini mengadaptasi model pendekatan sistem yang dirancang oleh Dick dan Carey yang mencakup analisis kebutuhan, pengembangan bahan, dan langkah-langkah evaluasi formatif untuk mengembangkan produk. Analisis kebutuhan dilakukan dengan menganalisis dokumen, memberikan kuesioner kepada siswa dan mewawancarai guru. Pengembangan materi dilakukan dengan mendesain isi produk dan mendesain gambar dan suara pada Ms. PowerPoint. Evaluasi formatif terdiri dari validasi teoretis dan validasi empiris.
Ada tiga kategori dalam hasil validasi teoretis yang melibatkan aspek multimedia, konten bahasa dan pedagogis. Validator multimedia memberi peringkat dengan skala 'sangat baik' (73%) untuk sebagian besar kriteria desain dan tata letak buku cerita interaktif. Validator konten bahasa juga memberi peringkat 'sangat baik' (50%) dan skala 'baik' (37%) untuk sebagian besar kriteria konten buku cerita interaktif. Akhirnya, aspek pedagogis divalidasi oleh guru kelas delapan SMPN 2 Menganti. Guru memberi nilai buku cerita interaktif dalam skala 'sangat baik' (64%) dan skala 'baik' (36%). Skala terakhir dari validator tercapai setelah beberapa revisi selesai.
Hasil validasi empiris diperoleh dari uji coba produk oleh lima belas siswa SMPN 2 Menganti. Para siswa menilai skala yang paling banyak dalam skala 'sangat baik' untuk kriteria yang disebutkan sebagai hasil dari validasi empiris. Ini menunjukkan bahwa siswa memiliki respon positif terhadap buku cerita interaktif yang dikembangkan. Namun, para siswa memberikan beberapa saran untuk mengembangkan buku cerita yang lebih interaktif. Akhirnya, buku cerita interaktif telah memenuhi produk akhir. Peneliti berharap bahwa buku cerita interaktif dapat berguna dan bermanfaat bagi siswa sebagai media tambahan untuk membangun karakter mereka.
ABSTRACT
Nur Imama, Rama. 2019. Developing an Interactive Storybook Based on Local Wisdom to Build Students’ Character in Junior High School. Thesis, Language and Literature Program, Postgraduate Program of State University of Surabaya. Advisors: (1) Prof. Dr. Hj. Lies Amin Lestari, M. A., M. Pd., and (2) Ahmad Munir M. Ed., Ph. D.
Keywords: interactive storybook, local wisdom, students’ character, junior high school student.
The interactive storybook developed in this study is purposed as a medium to build students’ character through a story based on local wisdom. This study adapting system approach model designed by Dick and Carey which was included need analysis, material development, and formative evaluation steps to develop the product. The need analysis was conducted by analyzing the documents, administering questionnaires to the students and interviewing the teacher. The material development was done by designing the contents of the product’s blueprint and designing pictures and sound in Ms. PowerPoint. The formative evaluation consisted of the theoretical validation and empirical validation.
There are three categorizes in the result of theoretical validation which involved the multimedia, language content and pedagogical aspect. The multimedia validator rated ‘very good’ scale (73%) for the most criteria of the interactive storybook’s design and layout. The language content validator also rated ‘very good’ (50%) and ‘good’ scale (37%) for the most criteria of the interactive storybook content. At last, the pedagogical aspect was validated by the teacher of the eight grade of SMPN 2 Menganti. The teacher rated the interactive storybook in ‘very good’ scale for 64% and ‘good’ scale for 36%. Those final scales from validators achieved after some revisions had been finished.
The result of empirical validation was obtained from the product try-out by twenty students of SMPN 2 Menganti. The students rated the most scale in ‘very good’ scale for the mentioned criteria as the result of the empirical validation. It showed that the students has positive responds to the developed interactive storybook. However, the students gave some suggestion to develop more interactive storybook. Finally, the interactive storybook has met the final product. The researcher expects that the interactive storybook can be useful and helpful for the students as a supplementary media to build their character.