PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERORIENTASI MOBILE LEARNING PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK
DEVELOPMENT OF AN INTERACTIVE E-MODULE ORIENTED TOWARDS MOBILE LEARNING ON CHEMICAL EQUILIBRIUM MATERIAL TO IMPROVE CRITICAL THINKING SKILLS IN STUDENTS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari E-Modul Interaktif yang ditinjau dari validitas isi dan konstruk melalui hasil validasi oleh para ahli, kepraktisan didapatkan melalui aktivitas peserta didik dan angket respon peserta didik, serta keefektifan didapatkan melalui hasil pre-test dan post-test dari kemampuan pemahaman materi dan ketrampilan berpikir kritis pada materi kesetimbangan kimia. Dalam penelitian ini menggunakan metode R&D mengacu pada model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penerapan. Hasil penelitian ini berupa e-modul interaktif sebagai media pembelajaran yang menghasilkan kriteria valid dari segi validitas isi dan konstruk dengan modus yang didapatkan 5 memiliki kriteria sangat baik sehingga dapat diimplementasikan dalam pembelajaran, kepraktisan yang diperoleh ketika menggunakan e-modul sangat praktis peserta didik dalam aktivitas selama 2 pertemuan yang diamati oleh observer pada pertemuan ke-1 mendapatkan presentase 88,9% dan pada pertemuan ke-2 mengalami peningkatan menjadi 96,0%. Sedangkan pada hasil angket respon peserta didik berupa lembar kuesioner memiliki rata-rata presentae 93,6% dengan kriteria yang sangat praktis. Hasil belajar peserta didik pada materi pemahaman konsep kesetimbangan kimia dan keterampilan berpikir kritis dengan indikator interpretasi, inferensi dan analisis mempunyai kriteria baik yang dibuktikan dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan nilai ≥ 75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul interaktif sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan ketrampilan berpikir kritis pada materi kesetimbangan kimia.
This research aims to determine the feasibility of the Interactive E-Module in terms of content and construct validity through validation results by experts, practicality obtained through student activities and student response questionnaires, and effectiveness obtained through pre-test and post-test results from the ability to understand material and critical thinking skills in chemical equilibrium material. This research uses the R&D method which refers to the 4D model which consists of four stages, namely definition, design, development and implementation. The results of this research are in the form of interactive e-modules as learning media which produce valid criteria in terms of content and construct validity with the mode obtained 5 having very good criteria so that it can be implemented in learning, the practicality obtained when using e-modules is very practical for students in activities during the 2 meetings observed by observers at the 1st meeting the percentage was 88.9% and at the 2nd meeting it increased to 96.0%. Meanwhile, in the questionnaire results, students' responses in the form of questionnaire sheets had an average percentage of 93.6% with very practical criteria. Student learning outcomes in the material understanding the concept of chemical equilibrium and critical thinking skills with indicators of interpretation, inference and analysis have good criteria as evidenced by classical completeness of 100% with a score of ≥ 75. Based on the research results it can be concluded that the use of interactive e-modules as a medium effective learning in improving critical thinking skills on chemical equilibrium material.