Kemampuan berpikir kritis siswa adalah kemampuan penting yang harus dimiliki siswa dalam proses pembelajaran. Hasil observasi di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo menunjukkan bahwa nilai fisika siswa kelas X masing kurang dari KKM. Hal ini menunjukkan bahwa kurangnya kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa. Untuk itu, penelitian dilakukan terkait penerapan model pembelajaran konsep metode scaffolding guna mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran konsep pada materi Hukum II Newton. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk desain pre-experimental dan jenis desain one group pre-test post-test yang menggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Keterlaksanaan pada ketiga kelas yang diamati dari aktivitas guru untuk satu kali pertemuan dinyatakan terlaksana dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis n-gain kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen meningkat dengan ketegori tinggi sedangkan pada kelas replikasi 1 dan 2 meningkat dengan ketegori sedang, dan pembelajaran yang dilakukan mendapat respon positif dari siswa dengan kategori sangat baik, sehingga metode scaffolding yang digunakan pada proses pembelajaran sangat efektif. Secara keseluruhan pembelajaran dengan menerapkan model konsep metode scaffolding dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: model pembelajaran konsep, metode scaffolding, kemampuan berpikir kritis, Hukum II Newton
Students' critical thinking skills are important abilities that students must have in the learning process. The results of observations at SMAN 1 Gedangan Sidoarjo showed that the physics scores of students in grade X were less than KKM. This shows that the lack of critical thinking skills possessed by students. For that purpose, the research related the application of concept model learning of the scaffolding method to describe the implementation of learning, improvement of students' critical thinking skills, and student responses to the application of concept model learning in Newton's II Law. This study uses an experimental method with pre-experimental design and one group pre-test post-test design using one experimental class and two replication classes. The implementation of the three classes observed from teacher activities for one meeting was declared to be carried out in a very good category. Based on the n-gain analysis, the critical thinking skills of students in the experimental class increased with high categories while the replication classes 1 and 2 increased with moderate categories, and the learning proces get positive response from the students with very good category, so the scaffolding method used in the learning process very effective. Overall learning by applying the concept model of the scaffolding method can improve students' critical thinking skills. Keywords: concept model, scaffolding method, critical thinking ability, Newton's Second Law