Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh kebijakan zonasi terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 Kota Surabaya, 2) untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 Kota Surabaya, 3) untuk mengetahui pengaruh kebijakan zonasi dan brand image terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 Kota Surabaya.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini memiliki 1080 populasi dengan jumlah sampel sebagai responden yaitu 292 siswa. Instrumen penelitian/angket dibagikan kepada 292 siswa kelas VII di tiga SMP Negeri zona 14 kota Surabaya. Hasil dari instrumen penelitian yang telah diisi oleh responden kemudian diolah menggunakan Uji Prasyarat Analisis Data yaitu Uji Normalitas dan Uji Linieritas; serta Uji Analisis Data yaitu Uji Regresi Ganda, Uji T dan Uji F.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) tidak ada pengaruh secara signifikan antara kebijakan zonasi terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 kota Surabaya, berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,076 dan nilai tersebut lebih besar dari nilai alpha 0,05; 2) adanya pengaruh secara signifikan antara brand image terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 kota Surabaya, berdasarkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari nilai alpha 0,05; 3) adanya pengaruh secara berama-sama antara kebijakan zonasi dan brand image terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 kota Surabaya, secara simultan nilai adalah 79,471 lebih besar dari nilai yaitu 3,03. Sedangkan taraf signifikansi yang dihasilkan yaitu nilai 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,05.
Kunci: kebijakan, zonasi, brand image, minat siswa, pendidikan.
This research's goal were: 1) To knowing influence zoning policy to students' interest to enrolling on State Junior High School of Zone 14 in Surabaya, 2) To knowing influence brand image to students' interest to enrolling on State Junior High School of Zone 14 in Surabaya. 3) To knowing influence zoning policy and brand image to students' interest to enrolling on State Junior High School of Zone 14 in Surabaya.
The methods was used in this research was quantitative method. It has 1080 students as its population with 292 students as sampling respondents. The questionnaires as research instruments shared to 292 7th grade students in 3 State Junior High School of Zone 14 in Surabaya. The fulfilled questionnaires results, then, was processed with using Data Analysis Prerequisite Test i.e. Normality Test and Linearity Test; and The Data Analysis Test i.e. Multiple Regression Test, T Test and F Test.
The research result showed that: 1) There are no influence significantly between zoning policy to students' interest to enrolling on State Junior High School of Zone 14 in Surabaya, according on signification value as 0.076; this value was bigger than alpha value 0.05; 2) There are influence significantly between brand image to students' interest to enrolling on State Junior High School of Zone 14 in Surabaya, according on signification value as 0.000; this value was smaller than alpha value 0.05; 3) There are influence, togetherly, between zoning policy and brand image to students' interest to enrolling on State Junior High School of Zone 14 in Surabaya. Fcal value, simultantly, was 79.471 and bigger than Ftab i.e. 3.03. While signification level gotten i.e. 0.000 smaller than alpha value 0.05.
Keywords: policy, zoning, brand image, student’s interest, education.