Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama yang Bekerja : Studi Kasus
Adjustment of First Year Students to Work: Case Study
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyesuaian diri pada subjek yang merupakan seorang mahasiswa semester awal dan juga bekerja serta upaya yang dilakukan sebagai faktor pendukung agar penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama yang bekerja dapat berhasil. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Partisipan terdiri dari 3 mahasiswa dan 3 significant other yang telah dipilih berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik serta uji keabsahan data didalam penelitian ini dilaksanakan dengan melewati wawancara dengan significant other. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang menjadikan partisipan dapat melakukan penyesuaian diri dalam menjalankan peran gandanya yaitu kuliah dan bekerja. Faktor tersebut diantaranya adalah mengatur waktu antara kuliah, bekerja, dan bermain. Selanjutnya bertanya atau meminta bantuan kepada teman ketika menemui kesulitan, belajar dari pengalaman, introspeksi diri ketika ada masalah, berusaha untuk berpikir positif disetiap keadaan, serta dukungan dan support dari orang tua yang sangat berpengaruh.
The purpose of this study is to identify the process of adjustment for the participant, who is an early-semester student and works, as well as the elements that support and prevent adjustment. A case study methodology and a qualitative technique are both used in this work. Participant are made up of three students and their three significant others, who are chosen according to preset standards. Semi-structured interviews were used to gather data, which was then analyzed using thematic analysis approaches. Passing interviews with a significant other were conducted to ensure the validity of the findings in this study. The study's findings show that the participant can modify his dual role of learning and working depending on a number of different conditions. One of these factors is scheduling time for work, school, and fun. Next, learn from mistakes, take time to reflect when there are issues, try to think optimistically in any circumstance, and ask or seek support from parents who have a lot of influence for assistance.