Media pembelajaran yang dikembangkan adalah media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis dengan metode pengembangan Research and Development oleh Sugiyono. Media pembelajaran ini berisi tentang materi, soal, dan video untuk memudahkan siswa dalam belajar, tujuan dari pembuatan media ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar siswa , dan mengetahui respon siswa terhadap media ini.
Hasil dari pengujian kevalidan media pembelajaran ini dilakukan oleh para validator yang menyatakan bahwa media pembelajaran ini dikategorikan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dengan mendapatkan nilai sebesar 3,8. Begitupun untuk soal juga mendapatkan nilai sebesar 3,8 oleh validator sehingga dikategorikan sangat layak. Berdasarkan hasil dari penelitian juga diketahui hasil belajar siswa melalui soal-soal pretest dan posttest yang telah diberikan kepada 32 siswa pada masing-masing kelas X MM 1 dan X MM 3 di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya menunjukkan bahwa hasil belajar menggunakan media (posttest) mendapatkan hasil yang lebih baik yaitu dengan rata-rata nilai 88,5 dibandingkan dengan hasil dari menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu 82,5.
Hasil t-hitung diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 menunjukkan perbedaan yang signifikan rata-rata kedua kelas, maka Hipotesis di terima. Dengan demikian hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif lebih baik daripada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif, dapat disimpulkan bahwa media ini layak digunakan untuk pembelajaran sehingga menghasilkan kualitas belajar yang lebih baik dari pada sebelumnya.
Kata kunci: Media pembelajaran Interakif, dasar desain grafis, hasil Belajar
Learning medias developed were interactive multimedia toward basic Graphic Design developed by Research and Development by Sugiyono. This learning media contains material, questions, and videos to facilitate students in learning process, the purpos of making this media is to find out how the differences between student learning outcomes, and find out student responses to this media. The results of the validation testing of this learning media were carried out by the validators, Stated that this learning media was categorized as feasible to be used as a learning media by getting a score 3.8. Same as for the questions also got a score 3.8 by the validator so categorized as very feasible. Based on the results of the study also known student learning outcomes through pretest and posttest questions that have been given to 32 students in each classes X MM 1 and X MM 3 in SMK Muhammadiyah 2 Surabaya showed that the learning outcomes using the media (posttest) got better results with an average score 88.5 compared to the results used conventional learning methods that is 82.5. The t-test results obtained a significance value of 0,000 smaller than 0.05 indicating a significant difference in the average of the two classes, then the hypothesis was accepted. Thus the learning outcomes of students who use interactive multimedia-based learning media are better than student learning outcomes that do not use interactive multimedia-based learning media, it can be concluded that this media is appropriate for use in learning so as to produce a better quality of learning than before.
Keywords: Interactive learning media, basic graphic design, learning outcomes.