Proses Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Fungsi Linear Berbantuan Geogebra
Critical Thinking Process of Junior High School Students in Solving Geogebra-Assisted Linear Function Problems
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa yang berhasil, kurang berhasil, dan tidak berhasil dalam pemecahan masalah berbantuan Geogebra. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan studi kasus, subjek penelitian ini tiga siswa kelas VIII SMP. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses berpikir kritis siswa dengan kategori berhasil, siswa menginterpretasikan informasi dan pokok permasalahan pada soal. Selanjutnya menganalisis dengan mengaitkan informasi relevan. dan mengevaluasi setiap langkah pemecahan masalah. Siswa membuat kesimpulan dan menjelaskan alasan berdasarkan langkah pemecahan masalah yang telah dilakukan. Siswa mempertimbangkan hasil dengan mengecek kembali langkah yang telah dilakukan dalam pemecahan masalah (2) proses berpikir kritis siswa dengan kategori kurang berhasil, siswa menginterpretasikan pokok permasalahan dan informasi pada soal. Selanjutnya, menganalisis hubungan informasi dan mengevaluasi setiap langkah pemecahan masalah. Sehingga diperoleh kesimpulan dan alasan dari pernyataan yang telah dibuat. Siswa tidak mempertimbangkan hasil dengan mengecek kembali langkah yang telah dilakukan dalam pemecahan masalah. (3) Proses berpikir kritis siswa kategori tidak berhasil. siswa menginterpretasikan maksud dari pernyataan yang menjadi pokok permasalahan dan informasi pada soal. Siswa tidak menganalisis dengan mengaitkan informasi relevan dalam pemecahan masalah. Siswa hanya menuliskan informasi pada soal dan menduga kebenaran pernyataan dalam membuat kesimpulan. Oleh karena itu, siswa tidak menjelaskan alasan kesimpulan yang telah dibuat. Siswa tidak mempertimbangkan hasil dengan mengecek kembali langkah yang telah dilakukan dalam pemecahan masalah.
Kata Kunci : Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Geogebra.
The purpose of this study is to describe critical thinking process of students who are successful, less successful, and unsuccessful in Geogebra-assisted problem solving. This type of research is qualitative with a case study, subject of this research is three students of class VIII. Data collection using tests and interviews. Data obtained then analyzed with the stages of data condensation, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that (1) critical thinking process of students with the successful category, students interpreted the information and the main problem. Furthermore, analyze by linking relevant information and evaluate each step of problem solving. Students make conclusions and explain the reasons based on the problem solving steps. Students consider results by rechecking steps that have been taken in problem solving. (2) critical thinking process of students in less successful category, students interpret main problem and information. Furthermore, analyze information and evaluate each step of problem solving. So as to obtain conclusions and reasons for statements. Students do not consider results by rechecking steps that have been taken in problem solving. (3) critical thinking process of unsuccessful category students. students interpret meaning of statement that is main problem and information. Students do not analyze by linking relevant information in problem solving. Students only write down the information in problem and assume the truth of statement in making conclusions. Therefore, students does not explain reasons for conclusions that have been made. Students do not consider results by rechecking steps that have been taken in problem solving.
Keyword : Critical Thinking, Problem Solving, Geogebra