ABSTRAK
Vicka Bella
Fahira (23010845018), Supervisi Pembelajaran Sebagai Upaya Mewujudkan Keefektifan
Manajemen Kelas (Studi Multi Kasus Pada 2 Sekolah Di Yayasan Naff Palil
Indonesia), Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 2025.
Pendidikan di Indonesia menghadapi
tantangan kualitas, tercermin dari peringkat rendah dalam survei terbaru PISA tahun
2022. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, manajemen pendidikan yang baik
diperlukan, dengan peran penting kepala sekolah dalam supervisi dan pengelolaan
kelas. TK dan SD Kreatif The Naff Sidoarjo menerapkan program MLBS (Manajemen
Lembaga Berkarakter dan Sistemik) dan empat model pembelajaran, yaitu
brainstorming, project-based learning, drilling, dan evaluation. Penelitian ini
fokus pada tiga aspek: rancangan, pelaksanaan, dan evaluasi supervisi
pembelajaran; penerapan tindak lanjut supervisi; serta respons pendidik
terhadap supervisi. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara
mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi pembelajaran yang
dilakukan kepala sekolah di TK dan SD Kreatif The Naff berperan penting dalam
meningkatkan keefektifan manajemen kelas. Kepala sekolah merancang dan
melaksanakan supervisi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, memberikan
tindak lanjut konstruktif, serta bimbingan yang memotivasi bagi guru. Tindak
lanjut berupa pelatihan dan dukungan diberikan untuk meningkatkan kualitas
pengajaran, yang mendapat respons positif dari pendidik. Meskipun ada hambatan
seperti keterbatasan waktu dan sumber daya, dukungan kepala sekolah dan rekan
sejawat membantu guru mengimplementasikan pengelolaan kelas.
Kata Kunci: Supervisi Pembelajaran, Manajemen Kelas, Manajemen
Lembaga Berkarakter dan Sistemik