PENERAPAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN DI ERA REVOLUSI 4.0
THE APPLICATION OF A DIGITAL LIBRARIES IN AN EFFORT TO ENHANCE THE SATISFACTION OF LIBRARY USER IN REVOLUTION 4.0
Tujuan artikel ilmiah ini untuk mengetahui dan menelaah tentang penerapan perpustakaan digital dalam upaya meningkatkan kepuasan pengguna perpustakaan di era revolusi 4.0. Metode pada penelitian ini menggunakan literatur review, dengan menelaah sumber data dari 10 jurnal nasional maupun 10 jurnal internasional. Penelitian ini tidak memiliki lokasi penelitian yang spesifik, sehingga memerlukan metode studi literatur dengan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil telaah dari beberapa jurnal, menyatakan bahwa penerapan layanan perpustakaan digital mampu meningkatkan kepuasan pengguna di era revolusi 4.0. Dengan adanya layanan perpustakaan digital yang didukung oleh faktor kualitas informasi yang komprehensif, kualitas sistem layanan yang efisien, serta kualitas layanan jasa yang sesuai dengan harapan pengguna. Sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna dan meningkatkan akses pengunjung terhadap layanan digital yang disediakan perpustakaan.
Kata Kunci: perpustakaan digital, kepuasan pengguna, revolusi industri 4.0
The purpose of this scientific article is to find out and examine the application of digital libraries in an effort to increase library user satisfaction in the era of revolution 4.0. The method in this study uses a literature review, by examining data sources from 10 national journals and 10 international journals. This research does not have a specific research location, so it requires a literature study method with descriptive analysis techniques. Based on the results of a review of several journals, it states that the application of digital library services can increase user satisfaction in the era of revolution 4.0. With the existence of digital library services that are supported by comprehensive information quality factors, efficient service system quality, and service quality in accordance with user expectations. So that it can increase user satisfaction and increase visitor access to digital services provided by the library.
Keywords: digital library, user satisfaction, industrial revolution 4.0