VOM WORT ZUM SATZ ZUM TEXT UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SEMESTER II
VOM WORT ZUM SATZ ZUM TEXT FOR GERMAN WRITING SKILLS FOR CLASS XI SEMESTER II STUDENTS
Pembelajaran bahasa Jerman memiliki empat keterampilan yaitu keterampilan menulis (Schreibfertigkeit), keterampilan berbicara (Sprechfertigkeit), keterampilan mendengar (Hörfertigkeit) dan keterampilan membaca (Lesefertigkeit) empat keterampilan tersebut merupakan kompetensi yang harus dipahami dan dikuasai. Diantara empat keterampilan di atas keterampilan menulis merupakan keterampilan yang tersulit diantara tiga keterampilan lainnya. Keterampilan menulis merupakan suatu aspek keterampilan berbahasa yang dianggap sulit dikalangan peserta didik dikarenakan pada saat menulis peserta didik harus melibatkan keterampilan lainnya sehingga dapat menghasilkan sebuah teks sederhana yang dapat dimengerti dan dipahami oleh setiap pembaca. Menurut Sieber (2003 : 208) salah satu model teks dapat mempermudah dalam keterampilan menulis yakni vom Wort zum Satz zum Text. Rumusan masalah dalam artikel ini ialah bagaimana langkah-langkah vom Wort zum Satz zum Text dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman kelas XI semester II. Sedangkan tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui langkah-langkah vom Wort zum Satz zum Text dalam pembelajaran keterampilan menulis. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah deskriptif kualitatif yang membahas tentang langkah-langkah vom Wort zum Satz zum Text dalam pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan metode studi pustaka dengan melihat dari perbandingan dan pendapat para tokoh. Dari hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa Vom Wort zum Satz zum Text merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran dalam keterampilan menulis, dimana terdapat langkah-langkah keterampilan menulis Kast ( 1999 : 232 ) berdasarkan model teks Vom Wort zum Satz zum Text yakni: 1) mengembangkan, memperluas dan mengumpulkan kosakata, 2) membuat kalimat dari beberapa kosakata yang telah di kuasai, 3) menggunakan susunan kalimat yang benar, 4) mengkombinasikan kalimat, 5) menggabungkan antar kalimat dengan menggunakan kata penghubung, 6) menyusun beberapa kalimat yang dibuat menjadi teks yang memiliki sumber data berupa kosakata, kalimat dan teks sederhana yang diambil dari buku studio D A1. Hal ini diperkuat dari beberapa pendapat para ahli yang relevan yang menyatakan bahwa model teks vom Wort zum Satz zum Text dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman.
Kata kunci: Vom Wort zum Satz zum Text, keterampilan menulis
Abstract
German language learning has four skills, namely writing skills (Schreibfertigkeit), speaking skills (Sprechfertigkeit), listening skills (Hörfertigkeit) and reading skills (Lesefertigkeit) these four skills are competencies that must be understood and mastered. Among the four skills above writing skills are the hardest skills among the other three skills. Writing skills are an aspect of language skills that are considered difficult among learners because at the time of writing learners must involve other skills so as to produce a simple text that can be understood and understood by every reader. According to Sieber (2003 : 208) one of the text models can facilitate in writing skills namely vom Wort zum Satz zum Text. The problem formulation in this article is how the steps of vom Wort zum Satz zum Text in learning German writing skills class XI semester II. While the purpose of writing this article to know the steps vom Wort zum Satz zum Text in learning writing skills. The research method used in this article is descriptive qualitative which discusses the steps of vom Wort zum Satz zum Text in learning writing skills using library study methods by looking at the comparisons and opinions of the figures. From the results of this study can be stated that Vom Wort zum Satz zum Text is a learning model that can be used by learners in understanding learning materials in writing skills, where there are steps kast writing skills (c 1999 : 232 s) based on the text model Vom Wort zum Satz zum Text namely: 1) developing, expanding and collecting vocabulary, 2) making sentences from several vocabularies that have been mastered , 3) using the correct sentence arrangement, 4) combining sentences, 5) combining between sentences using conjunctions, 6) arranging several sentences made into text that has a data source in the form of vocabulary, sentences and simple text taken from studio book D A1. This is reinforced by some relevant experts' opinion that the text model vom Wort zum Satz zum Text can be used in the learning of German writing skills.
Keywords : vom Wort zum Satz zum Text, writing skills