Pengajuan Masalah (Problem Posing) Aritmetika Siswa SMP Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif
Matematika merupakan mata pelajaran wajib sehingga perlu mengoptimalkan hasil belajar. Salah satu alternatif dalam mengoptimalkan hasil belajar adalah dengan pengajuan masalah. Proses pengajuan masalah tidak tunggal dan terdapat gaya kognitif dan topik matematika yang menentukan kualitas proses pengajuan masalah. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengajuan masalah aritmetika siswa sekolah menengah pertama dengan gaya kognitif berbeda. Masalah yang diajukan akan dinilai berdasarkan empat proses pengajuan masalah yaitu editing, selecting, comprehending dan translating. Pengajuan masalah tipe bebas digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan subjek dilakukan dengan memberikan Tes Kemampuan Matematika untuk memilih subjek yang memiliki kemampuan tinggi. Berikutnya memberikan Group Embedded Figure Test untuk mengetahui gaya kognitif subjek. Subjeknya terdiri dari enam siswa SMP dengan tingkat kemampuan matematika tinggi. Tiga di antaranya memiliki gaya kognitif Field Dependent dan tiga yang lain Field Independent. Pengumpulan data dilakukan melalui tugas tertulis dan wawancara berbasis pada tugas. Selanjutnya, data dianalisis berdasarkan empat proses pengajuan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajuan masalah aritmetika siswa Field Dependent dan Field Independent memenuhi keempat proses pengajuan masalah. Proses pengajuan masalah aritmetika siswa Field Dependent pada proses Editing dimulai dari memahami informasi, menemukan ide, menyusun soal, menentukan perkiraan jawaban. Proses Selecting dimulai dari memahami informasi, menemukan ide, memilih informasi, menyusun soal. Proses Comprehending dimulai dari memahami informasi, menemukan ide, membuat soal. Proses Translating dimulai dari memahami informasi, menemukan ide, menghitung perkiraan jawaban, menyusun soal. Sedangkan Proses pengajuan masalah aritmetika siswa Field Independent pada proses Editing dimulai dari memahami informasi, menemukan ide, melakukan perhitungan, menyusun soal. Proses Selecting dimulai dari memahami informasi, menghitung hasil, menyusun soal. Proses Comprehending dimulai dari memahami informasi, menemukan ide, membuat soal. Proses Translating dimulai dari memahami informasi, menemukan ide, menghitung perkiraan jawaban, menyusun soal.
Mathematics is a compulsory subject so it is necessary to optimize learning outcomes. One alternative in optimizing learning outcomes is to pose a problem. The problem posing process is not single and there is a cognitive style and mathematical topics that determine the quality of the problem posing process. Based on this, this study aims to describe the process of posing arithmetic problems for junior high school students with different cognitive styles. The problems raised will be assessed based on the four problem-posing processes, namely editing, selecting, understanding and translating. Free-type problem submission is used in this study. This research is a descriptive research with a qualitative approach. Subject selection was carried out by giving a Mathematical Ability Test to select subjects with high abilities. Next, give the Group Embedded Figure Test to determine the subject's cognitive style. The subjects consisted of six junior high school students with high levels of mathematical ability. Three of them have a Field Dependent cognitive style and the other three are Field Independent. Data collection was carried out through written assignments and task-based interviews. Furthermore, the data were analyzed based on the four processes of proposing problems. The results showed that the Field Dependent and Field Independent students' submission of arithmetic problems fulfilled the four problem-posing processes. The process of submitting Field Dependent student arithmetic problems in the Editing process starts from understanding information, finding ideas, compiling questions, determining approximate answers. The process of choosing starts from understanding information, finding ideas, selecting information, compiling questions. Understanding process starts from understanding information, finding ideas, making questions. The process of translating starts from understanding the information, finding ideas, calculating approximate answers, compiling questions. While the process of submitting arithmetic problems for Independent Field students in the Editing process starts from understanding information, finding ideas, doing calculations, compiling questions. The process of choosing starts from understanding the information, calculating the results, compiling questions. Understanding process starts from understanding information, finding ideas, making questions. The process of translating starts from understanding the information, finding ideas, calculating approximate answers, compiling questions.