Masa usia dini anak berarti masa keemasan (golden age) pada perkembangan dan perkembangan anak. Sejak usia dini, setiap anak harus mendapatkan pendidikan agar potensi yang dimiliki dapat bertumbuh dan akan mampu menjalankan kehidupannya sesuai dengan aturan dan norma. Salah satu dasar pengembangan moral anak yang harus ditanamkan sejak usia dini adalah disiplin. Perilaku disiplin anak dapat ditumbuhkan melalui pola asuh orang tua, salah satunya adalah pola asuh demokratis. Pola asuh demokratis adalah pembiasaan orang tua dalam menerapkan perlakuan kepada anak dalam proses membentuk kepribadian anak dengan cara memprioritaskan kepentingan anak yang bersikap rasional atau pemikiran-pemikiran.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pola asuh demokratis orang tua dalam mengembangkan perilaku disiplin anak usia dini 4-6 tahun di Lidah Wetan RT 01 RW 04 Lakarsantri Surabaya. Peneliti menggunakan pendekatan kualitataif deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data reduksi, data display (penyajian data), dan verifkasi/simpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan perilaku disiplin anak usia dini 4-6 tahun di Lidah Wetan RT 01 RW 04 Lakarsantri Surabaya diperoleh dari hasil analisis tingkat hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan perilaku disiplin anak usia dini 4-6 tahun yang masuk kriteria kuat dan hubungannya searah yaitu jika pola asuh demokratis oleh orang tua meningkat maka akan terjadi peningkatan perkembangan perilaku disiplin anak usia dini.
Kata Kunci: Pola Asuh Demokratis, Perilaku Disiplin, Anak Usia Dini
Early childhood means a golden age in the development and development of children. From an early age, every child must get an education so that their potential can grow and will be able to live their lives in accordance with the rules and norms. One of the basic moral development of children that must be instilled from an early age is discipline. Child discipline behavior can be grown through parenting parents, one of which is democratic parenting. Democratic parenting is habituation of parents in applying treatment to children in the process of forming a child's personality by prioritizing the inrests of children who are rational or thoughts.
This study aims to determine the democratic parenting style of parents in developing disciplinary behaviors for children aged 4-6 years in Lidah Wetan RT 01 RW 04 Lakarsantri Surabaya. The researcher used a descriptive qualitative approach. Data collected using observation, interview and documentation techniques. Data analysis techniques use reduction data, data display and verification / conclusion.
The results of this study indicate that the relationship of democratic parenting parents with disciplinary behavior of children aged 4-6 years in Lidah Wetan RT 01 RW 04 Lakarsantri Surabaya was obtained from the results of the analysis of the relationship between democratic parenting parents and early childhood disciplinary behaviors 4- 6 years which are strong criteria and unidirectional relationship, namely if democratic parenting by parents increases, there will be an increase in the development of early childhood disciplinary behavior.
Keywords: Democratic Parenting, Discipline Behavior, Early Childhood