Pengaruh Resiliensi Dan Internal Locus Of Control Terhadap Academic Self-Efficacy Mahasiswa
THE INFLUENCE OF RESILIENCE AND INTERNAL LOCUS OF CONTROL ON STUDENT ACADEMIC SELF-EFFICACY
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Resiliensi Dan Internal Locus Of Control Terhadap Academic Self-Efficacy Mahasiswa. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah korelasional, dan populasi yang menjadi objek penelitian adalah mahasiswa angkatan 2018-2019 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Berdasarkan perhitungan yang menggunakan rumus Slovin, maka ukuran besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 374,2 yang dibulatkan menjadi 375 mahasiswa. Dalam penelitian ini karena dalam populasi terdiri dari delapan program studi maka teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling sehingga dari total sample tersebut dihitung dengan menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh jumlah sample berdasakan jumlah mahasiswa aktif delapan program studi yang ada di fakultas ilmu pendidikan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket, yang akan disebarkan melalui google form. Analisis data untuk uji asumsi prasyarat yaitu menggunakan uji normalitas, homogenitas dan linearitas, sedangkan analisis data untuk uji hipotesis menggunakan rumus regresi linier sederhana dan regresi linier ganda menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukan : (1) Resiliensi memiliki pengaruh signifikan terhadap Academic Self-Efficacy. (2) Internal Locus Of Control memiliki pengaruh signifikan terhadap Academic Self-Efficacy. (3) variabel Resiliensi dan Internal Locus Of Control secara simultan memberikan kontribusi terhadap perubahan Academic Self-Efficacy. Resiliensi dan internal locus of control sama-sama memiliki peran dalam membentuk Academic Self-Efficacy.
This study aims to determine the effect of resilience and internal locus of control on student academic self-efficacy. To achieve this goal, a quantitative research approach is used. This type of research is correlational, and the population that is the object of research is the 2018-2019 class of students of the Faculty of Education, State University of Surabaya. Based on calculations using the Slovin formula, the size of the sample used in this study was 374.2 which was rounded up to 375 students. In this study, because the population consists of eight study programs, the sample collection technique used is Cluster Sampling so that the total sample is calculated using the Slovin formula so that the number of samples is obtained based on the number of active students in eight study programs in the faculty of education. The data collection technique used in this research is using a questionnaire, which will be distributed via google form. The data analysis for the prerequisite assumption test is using normality, homogeneity and linearity tests, while the data analysis for hypothesis testing uses a simple linear regression formula and multiple linear regression using SPSS version 21. The results show: (1) Resilience has a significant effect on Academic Self-esteem. Efficacy. (2) Internal Locus Of Control has a significant effect on Academic Self-Efficacy. (3) Resilience and Internal Locus Of Control variables simultaneously contribute to changes in Academic Self-Efficacy. Resilience and internal locus of control both have a role in shaping Academic Self-Efficacy.