Teknologi memegang
peranan yang sangat penting dalam
bidang pendidikan khususnya dalam proses pengajaran, beberapa
kegiatan telah beralih menjadi jarak jauh atau online, termasuk pembelajaran yang dilakukan jarak jauh
melalui berbagai media teknologi.
Salah satu teknologi yang digunakan adalah e-learning , dimana pembelajaran elektronik dinilai efektif
dalam hal pengumpulan tugas dan pemberian
bahan pelajaran, namun meski
pembelajaran daring dinilai menguntungkan dan terkesan menyenangkan karena dapat dilakukan di rumah, namun tidak mudah untuk dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1)
Mengetahui Bagaimana tahapan proses rancang bangun pjbl menggunakan web-based learning sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan keterampilan pemrograman web (2) Menganalisis peningkatan keterampilan dalam pemrograman web.
Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah
R & D ( Research
& Development ) dengan
model 4D yaitu Define,
Design, Develop, dan Disseminate, dalam proses penelitian diatas telah melalui beberapa validasi oleh para ahli
untuk memvalidasi media pembelajaran yang sudah dibuat,
validasi ini terdiri
4 aspek yaitu
materi, media , RPP dan pre-test post-test , selain itu juga dilakukan
uji normalitas serta uji T untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari media pembelajaran yang
sudah dibuat peneliti terhadap kemampuan
psikomotor pemrograman web siswa.
Hasil
penelitian yang didapatkan dari validasi oleh para ahli, mendapatkan nilai paling kecil yaitu 0,75 atau termasuk kategori “Valid”
dan untuk paling tinggi mendapatkan nilai sebesar 0,93 atau masuk dalam kategori
“Sangat Valid”. Hasil pengujian normalitas sendiri mendapatkan nilai sig. sebesar 0,066 yang merupakan > 0,05 sehingga dapat diartikan bahwa data yang didapatkan terdistribusi dengan normal, lalu hasil dari uji T menunjukkan nilai sig.(2- tailed ) sebesar
0,000, dimana nilai tersebut <
0,005, sehingga H a (hipotesis alternative) diterima, yaitu terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap
kemampuan psikomotor pemrograman web siswa.
Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan web-based learning ini telah dirancang dan
dibangun dengan valid berdasarkan penilaian para ahli dan terdapat
pengaruh terhadap kemampuan psikomotor pemrograman web siswa.