Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kompetensi guru dengan menggunakan hasil uji kompetensi guru (UKG) yang sebelumnya digunakan dengan model penilaian diri sendiri disertai bukti fisik yang jawabannya sesuai diri, serta tingkat kompetensi dengan karakteristik dan peningkatan kompetensi dari guru PJOK SMA.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif yang menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif model Goal Oriented Evaluation. Hasil data adalah ordinal maka analisis data yang digunakan non-parametris. Hasil analisis data uji kompetensi guru (UKG) dan pengukuran kadar keguruan adalah sebesar 0,512 dan hasil tersebut dinyatakan bahwa uji kompetensi guru (UKG) berhubungan sedang dan signifikan terhadap pengukuran kadar keguruan, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pengukuran tingkat kompetensi. Tingkat kompetensi yang menggunakan pengukuran kadar keguruan menunjukan bahwa guru PJOK yang temasuk dalam kategori biasa sebanyak 8 orang (19,2%), Untuk guru PJOK yang termasuk kategori baik sebanyak 15 orang (36%), sedangkan untuk guru PJOK yang termasuk dalam kategori hebat sebanyak 18 orang (43,2%). Analisis karakteristik guru didapatkan kesimpulan sebagian besar tidak ada hubungan dan pengaruh yang signifikan dengan UKG dan kadar keguruan
This study aims to determine the factors that affect teacher competency by using the results of teacher competency tests (UKG) which were previously used with a self-assessment model accompanied by physical evidence that the answer is in accordance with themselves, as well as the level of competence with the characteristics and competency improvement of high school PJOK teachers.
This research is an evaluative type of research that uses a quantitative descriptive research approach model of Goal Oriented Evaluation. The results of the data are ordinal, so the data analysis used is non-parametric. The results of the analysis of teacher competency test data (UKG) and measurement of teacher content is 0.512 and the results state that teacher competency test (UKG) is moderately and significantly related to teacher level measurement, so that it can be used as an alternative measure of competency. The level of competency that uses measurement of teacher levels shows that PJOK teachers who are included in the normal category are 8 people (19.2%), for PJOK teachers in the good category are 15 people (36%), while for PJOK teachers who are included in the great category as many as 18 people (43.2%). Analysis of the characteristics of the teacher concluded that there was mostly no significant relationship and influence with UKG and teacher content.