Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Pada Program Kesetaraan Paket B di SKB Kabupaten Sidoarjo
Abstrak
Pandemi Covid-19 tidak hanya dirasakan oleh penduduk Indonesia, namun hampir di seluruh penjuru dunia. Pemberlakuan kebijakan Pendidikan Jarak Jauh merupakan salah satu wujud implikasi dari pengaruh nyata Covid-19 yang memiliki dampak multidimensi. Metode pembelajaran yang dilakukan tentunya tetap menuntut tutor untuk dapat memberikan pengajaran yang baik dan juga efisien walaupun pembelajaran dilaksanakan di rumah masing-masing dengan memanfaatkan sejumlah platform sehingga interaksi antara tutor dan peserta didik dapat tetap terjalin. Pembelajaran daring tersebut menggunakan Platform melalui aplikasi WhatsApp dan Google Classroom. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini yakni guna mengkaji pembelajaran daring yang dilaksanakan di SKB Kabupaten Sidoarjo apakah sudah berjalan dengan baik. Subyek yang diambil adalah peserta didik kesetaraan Paket B dan Tutor Kesetaraan Paket B. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada peserta didik Kesetaraan Paket B dan kendala teknis yang dihadapi peserta didik Kesetaraan Paket B selama pembelajaran daring. Kemudian teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejauh ini peserta didik belum merasa puas dengan pembelajaran daring yang dilaksanakan. Hal tersebut dibuktikan dengan sejumlah kendala yang muncul selama pembelajaran daring.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Kesetaraan Paket B, COVID-19
Abstract
The coronavirus (COVID-19) pandemic is not only happening in Indonesia, but also almost in around the world. The implementation of online learning is one of the implications of Covid-19 outbreak that has multidimensional impact. The learning method is required the tutors to provide good strategies efficiently even though the studying process is learn from home through several platforms so it will keep the interaction between teacher and student easily. The online learning used the platforms like WhatsApp and Google Classroom. The aim of this study is to identify whether the online learning system in SKB, Sidoarjo goes well or not. This study used the respondents from the people who learn the education equality package B and their tutors. This study used descriptive research method with qualitative approach.This study focuses on the implementation of online learning during the covid-19 pandemic on people who learn the education equality package B and their obstacles during the learning process. The data collection through observation, interview, and documentation. The data analysis used interactive analysis. The result of this study is to show that the people who learn the education equality package B were dissatisfied with online learning process. This is proven by a number of obstacles during online learning.
Keywords: Online Learning, Education Equality Package B, COVID-19.