POTRET KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL SEKOLAH (STUDI KEPEMIMPINAN DI SMA NEGERI 1 SUMBERREJO, BOJONEGORO)
PORTRAIT OF SCHOOL TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP (STUDY OF LEADERSHIP AT SMA NEGERI 1 SUMBERREJO, BOJONEGORO)
Kepemimpinan adalah sebuah kemampuan atau kekuatan dalam diri seseorang untuk memimpin dan mempengaruhi orang lain dalam hal bekerja. Dalam dunia pendidikan kepemimpinan yang dibutuhkan saat ini adalah seorang pemimpin yang memiliki dasar pada nilai-nilai budaya dan agama yang nantinya mampu mengantisipasi segala masalah dan perubahan-perubahan yang terjadi pada dunia pendidikan khususnya untuk kemajuan yang diraih diluar sistem sekolah. Oleh karenanya, Gaya kepemimpinan yang paling efektif dalam penerapan pada organisasi sekolah adalah gaya Kepemimpinan Transformasional. Pemimpin yang Transformasional mampu mendatangkan perubahan di dalam diri setiap individu yang terlibat atau bagi seluruh organisasi untuk mencapai kinerja yang semakin tinggi. Dalam suatu penerapan pada seorang pemimpin yang transformasional, ia harus memiliki kharismatik tinggi, intellectual luas, serta kemampuan memotivasi bawahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif dalam prespektif teori Otoritas Max Weber. Diamana Weber menjelaskan ada tiga tipe otoritas dalam Masyarakat. Yang Pertama adalah Otoritas legal, Kedua adalah Otoritas Tradisional, dan yang terakhir adalah Otoritas Kharismatis. Dan dari penelitian ini pemimpin di Sekolahan ini lebih memiliki sifat Kharismatis. Kharisma merupakan pemimpin yang sangat istimewa. Weber menggambarkan secara sosiologis tentang kharismatik yaitu sebagai suatu pengakuan dari para pengikut seorang pemimpin, akan suatu keistimewaannya. Weber mengatakan jika kepemimpinan yang karismatik merupakan tipe kepemimpinan yang berkualitas, istimewa dan unggul, dan itu sudah menjadi keabsahan yang diakui oleh bawahan. Pemimpin yang memiliki model Otoritas karismatik juga harus mempunyai visi dan misi yang dapat menginspirasi orang atau bawahannya.
Kata kunci: Kepemimpinan, Transformasional, Kharismatik, Sekolah
Leadership is an ability or strength within a person to lead and influence others in terms of work. In leadership education, what is needed today is a leader who has a basis in cultural and religious values who will be able to anticipate all problems and changes that occur in the world of education, especially for progress achieved outside the school system. Therefore, the most effective leadership style in application to school organizations is the Transformational Leadership style. Transformational leaders are able to bring about change within each individual involved or for the entire organization to achieve higher performance. In an application to a transformational leader, he must have high charismatic, broad intellectual, and the ability to motivate his subordinates. This study uses a qualitative descriptive approach in the perspective of Max Weber's theory of authority. Weber explained that there are three types of authority in society. The First is the Legal Authority, the Second is the Traditional Authority, and the last is the Charismatic Authority. And from this research, the leader in this school is more charismatic. Charisma is a very special leader. Weber sociologically describes charismatic as an acknowledgment of the followers of a leader, of a privilege. Weber said that charismatic leadership is a type of leadership that is qualified, special and superior, and it has become a validity that is recognized by subordinates. Leaders who have a charismatic authority model must also have a vision and mission that can inspire people or their subordinates.
Keywords: Leadership, Transformational, Charismatic, School