ABSTRAK
Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu bahan ajar yang berisi petunjuk-petunjuk untuk melakukan suatu kegiatan. LKS yang dikembangkan berbasis Scientific Approach. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKS yang valid, efektif, dan praktis. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Sasaran ujicoba terbatas pada 20 siswa di SMAN 1 Kedungpring pada bulan Januari-Februari 2019, parameter yang diukur adalah tingkat validitas yang ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, kesesuaian dengan pendekatan saintifik dan kesesuaian LKS untuk melatihkan keterampilan proses, tingkat kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan aktivitas siswa dan respon siswa, tingkat keefektifan ditinjau dari hasil analisis indikator dan nilai post-test. Data dikumpulkan dengan metode validasi untuk mengetahui tingkat validitas, metode observasi untuk aktivitas siswa dan angket siswa untuk mengetahui tingkat kepraktisan, metode tes untuk mengetahui kefektifan, analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dari keseluruhan data memberikan hasil bahwa tingkat validitas LKS memperoleh skor validitas sebesar 4 yang termasuk dalam kategori sangat valid, tingkat kepraktisan sangat baik dan sangat praktis dengan memperoleh persentase sebesar 92% aktivitas siswa pada LKS 1, 96,87% aktivitas siswa pada LKS 2 dan 96% ditinjau dari respon siswa dan tingkat keefektifan sebesar 85% yang masuk pada kategori tuntas. Disimpulkan, LKS berbasis Scientific Approach dapat melatihkan keterampilan proses sains karena dinyatakan valid, praktis dan efektif dalam pembelajaran.
Kata kunci : Pengembangan Lembar Kerja Siswa, Scientific Approach, Daur Karbon.
ABSTRACT
Student Worksheet Activities (LKS) is one of the instructional materials containing instructions to perform an activity. LKS developed based on scientific approach. This research aims to produce a valid, effective, and practical LKS. This research method used a research development with 4D development model which are define, design, develop, and disseminate, but the stage disseminate are not done. Limited trials are done to 20 students at SMAN 1 Kedungpring in January-February 2019, the measured parameter is the degree of validity in terms of feasibility aspects which are content, presentation, language, the conformity with the scientific approach and the suitability of the LKS for practicing the process skills. For the level of practicality is reviewed by the implementation of students activities and responses while the level of effectiveness is reviewed in terms of the result of the analysis of indicators and the post-test score. The data collected by the validation method to determine the validity, methods of observation for student activities and student questionnaire to determine the level of practicality, the test method to determine the effectiveness of data analysis using a quantitative descriptive method. The data gives the result that the validity of LKS obtaining a score of validity of 4 that are included in the category of very valid, effectiveness level of 85% which is entered in the category of very effective, and the level of practicality is very good and very practical to obtain a percentage of 92% of student activity on Worksheet 1, 96.87% of student activity on Worksheet 2 and 96% in terms response of students. It was concluded, LKS based Scientific Approach can practice the process skills because feasibility aspects whice are valid, practical and effectively in learning.
Keywords: Student Worksheet development, Scientific Approach, Recycling Carbon.