PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MARKETPLACE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVISAS BELAJAR IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR
ABSTRAK
Latifah, Nurul, 2024. Pengembangan Media Market Place untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd. dan (II) Prof. Dr. Budi Purwoko, M.Pd.
Kata-kata Kunci:, media market place, kreativitas
Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran kurang penggunaan media dan guru yang terlalu dominan dalam pembelajaran, sehingga banyak peserta didik yang kesulitan memahami materi yang disajikan. Penggunaan IPTEK dalam pembelajaran masih belum dimanfaatkan guru secara optimal dikarenakan keterbatasan keterampilan, sehingga dapat dikatakan sistem pembelajaran yang dibawakan kurang efektif dan menyebabkan penyampaian materi sulit untuk dipahami. Hal tersebut berdampak pada pencapaian kreativitas yang dimiliki peserta didik, di mana dari total dua puluh peserta didik, sembilan di antaranya memiliki ketuntasan belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kevalidan Media Market Place untuk meningkatkan kreativitas peserta didik kelas V SD; (2) Mendeskripsikan kepraktisan Media Market Place untuk meningkatkan kreativitas peserta didik kelas V SD; dan (3) Mendeskripsikan keefektifan Media Market Place untuk meningkatkan kreativitas peserta didik kelas V SD.
Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D merupakan singkatan dari define (pendefinisian), design (perencanaan), development (pengembangan), and dissemination (penyebaran). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi yang digunakan untuk mengetahui validitas Media Market Place dan bentuk operasionalnya, lembar pengamatan dan lembar angket yang digunakan untuk mengetahui kepraktisan Media Market Place, dan tes hasil belajar (kreativitas) yang digunakan untuk mengetahui keefektifan Media Market Place.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Media Market Place, perangkat ajar (modul ajar, LKPD, dan lembar evaluasi kreativitas) dan instrumen penilaian (lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan lembar angket respon peserta didik) dikatakan layak untuk meningkatkan kreativitas peserta didik kelas V SD; (2) Hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan pembelajaran dan respon peserta didik menunjukkan bahwa Media Market Place dikatakan praktis untuk meningkatkan kreativitas peserta didik kelas V SD; dan (3) Hasil tes kreativitas peserta didik yang secara spesifik dapat dilihat pada skor pretest dan posttest, yang mana Media Market Place dikatakan efektif untuk meningkatkan kreativitas peserta didik kelas V SD.
ABSTRACT
Latifah, Nurul, 2024. Development of Media Market Place to Increase Creativity of Grade V Elementary School Students. Thesis, Basic Education Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd. dan (II) Prof. Dr. Budi Purwoko, M.Pd.
Keywords:, media market place, creativeness
The results of observations and interviews show that in learning activities, there is less use of media and teachers are too dominant in learning, so that many students have difficulty understanding the material presented. The use of science and technology in learning is still not optimally utilized by teachers due to limited skills, so it can be said that the learning system presented is less effective and causes the delivery of material to be difficult to understand. This has an impact on the achievement of creativity owned by students, where out of a total of twenty students, nine of them have low learning completion. The objectives of this study are (1) To describe the validity of Media Market Place to increase the creativity of students in grade V of elementary school; (2) Describe the practicality of Media Market Place to increase the creativity of students in grade V of elementary school; and (3) Describe the effectiveness of Media Market Place to increase the creativity of students in grade V of elementary school.
This research is a type of research and development or Research and Development (R&D) with the 4-D development model which stands for define, design, development, and dissemination. The instruments used are validation sheets used to determine the validity of Media Market Place and its operational form, observation sheets and questionnaire sheets used to determine the practicality of Media Market Place, and learning outcome tests (creativity) used to determine the effectiveness of Media Market Place.
The results of the study showed that (1) Media Market Place, teaching tools (teaching modules, LKPD, and creativity evaluation sheets) and assessment instruments (observation sheets of learning implementation and student response questionnaires) were said to be feasible to increase the creativity of students in grade V of elementary school; (2) The results of observations on the implementation of learning and student responses show that Media Market Place is said to be practical to increase the creativity of students in grade V of elementary school; and (3) The results of the student creativity test can be specifically seen in the pretest and posttest scores, where Media Market Place is said to be effective in increasing the creativity of students in grade V of elementary school.