Model PKBR merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan model PKBR yang layak (valid, praktis, dan efektif) untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran kimia. Model pembelajaran PKBR memiliki sintaks dengan lima fase, yaitu 1) Fase Orientasi, 2) Fase Verifikasi, 3) Fase Formulasi, 4) Fase Evaluasi, dan 5) Fase Penugasan menulis. Penelitian pengembangan ini mengikuti model pengembangan pendidikan dari Plomp (2007). Penelitian ini dilakukan di Program Studi S1 Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram Tahun Akademik 2018/2019 dengan melibatkan 75 mahasiswa yang terbagi 23 mahasiswa untuk uji terbatas, dan 52 mahasiswa pada uji luas untuk implementasi pengembangan model, yang dibagi dalam 2 kelas dengan masing-masing kelas berjumlah 26 mahasiswa. Pada penelitan ini terdapat tiga tahap yang meliputi: 1) tahap pengembangan model untuk menguji validitas model, perangkat dan karakteristik model, 2) tahap uji coba pemantapan model untuk mengkaji keterlaksanaan perangkat, kendala serta kepraktisan model, dan 3) tahap implementasi model untuk menguji keefektifitasan model melalui peningkatan keterampilan berpikir kritis serta respon mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model PKBR memenuhi kriteria valid baik secara isi maupun konstruk; Model PKBR dinyatakan praktis karena komponen-komponen model dapat dilaksanakan dengan baik pada uji coba 1 dan uji coba 2; dan Model PKBR dinyatakan efektif karena dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dan mahasiswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukan bahwa model PKBR telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru di Program Studi S1 Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram.
PKBR Model is a learning model that designed to train students' critical thinking skills. The aim of this study is to develop an appropriate (valid, practical, and effective) learning model to train preservice-teacher’ critical thinking skill in chemistry learning. PKBR-Model has a syntax with five phases, that are 1) Orientation, 2) Verification, 3) Formulation, 4) Evaluation, and 5) Writing Assignment. This research is a developmental reseach based on Plomp’ Educational Development Model (2007). The study was conducted at the Chemistry Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), University of Mataram Academic Year 2018/2019. This study involved 75 students that divided into 23 students for a limited test, and 52 students in the extensive test, which divided into 2 classes that each class consisted of 26 students for the implementation of model development. There were three stages to conduct this study: 1) the model development phase to test the validity of the model, tools, and characteristics of the model, 2) the trial phase of strengthening the model to examine the implementation of the instruments, constraints and practicality 3) the implementation phase of the model development to get the effectiveness of model through students' critical thinking skills and respond of student. Data analysis shows that PKBR Model met the criteria of valid both for content and construct; the model is practice based on the fact that all components of model can be applied during experiments; and the model met the criteria of effective based on the data regarding to the increase of students critical thinking skill and respond of students. As a result, this study showed that PKBR Model are valid, practice, and effective for using to train preservice-teachers’ critical thinking skill at Chemistry Education Study Program – FKIP Universitas of Mataram.