THE USE OF FIGURATIVE LANGUAGE IN MAYBELLINE NEW YORK SLOGAN ADVERTISEMENT
Bahasa kiasan adalah gaya bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi. Dengan kata lain, bahasa kiasan menggunakan kata-kata untuk menyiratkan makna lain. Manfaat bahasa kiasan dalam penelitian ini bagi pembaca adalah untuk memahami bahwa teori tersebut dapat digunakan untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas dan lebih baik tentang makna bahasa kiasan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penggunaan bahasa kiasan pada slogan dalam iklan Maybelline New York. Penelitian ini difokuskan untuk mengamati kata-kata yang mengandung bahasa kiasan pada slogan dengan menggunakan teori Reask yang terdiri dari simile, metafora, metonimi, aliterasi, dan hiperbola. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena mendeskripsikan pengucapan kalimat-kalimat yang dikategorikan ke dalam bahasa kiasan. Sedangkan sumber datanya berasal dari iklan Maybelline New York yang terbit pada 2 Agustus 2017 hingga 30 Agustus 2017 pada situs resmi YouTube. Hasilnya ditemukan bahwa Bahasa kiasan pada slogan tersebut digunakan untuk membuat sesuatu menjadi lebih menarik secara imajinatif. Penggunaan bahasa kiasan secara kreatif dalam iklan dapat menghasilkan pesan yang hidup secara emosional, menarik secara intelektual, dan mudah diingat.
Kata kunci: Bahasa kiasan, slogan, iklan
Figurative language is language style used by people to communicate. In other words, figurative language used words to imply another meaning. The benefit of figurative language in this study for the reader was to understand that the theory could be used to provide a clearer and better understanding of the meaning of figurative language. This study was conducted to analyses the use of figurative language in slogan advertisement of Maybelline New York slogan advertisement. This study focused on observing the words which contained figurative language by using Reask’s theory that consisted of simile, metaphor, metonymy, alliteration, and hyperbole. The method of this study was descriptive qualitative because it described the utterance of the slogans that were categorized into figurative language. Whereas data source was taken from the video advertisements of Maybelline New York which were published on Augustus 2, 2017 to Augustus 30, 2017 on their Official YouTube channel. The result found that the slogan used to make things more imaginatively appealing. Creative use of figurative language in the advertisement can produce messages which were emotionally alive, intellectually appealing, and memorable.
Keywords: figurative language, slogan, advertisement