Perancangan Board Game Pengenalan Bencana Alam kepada Anak Usia Dini.
Designing a Disaster introduction board game for early childhood.
Anak usia dini merupakan korban yang rentan terkena bencana alam, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan wawasan mengenai bencana alam. Program edukasi mitigasi bencana alam merupakan program baru yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Surabaya. Program ini bertujuan untuk mengedukasi anak daerah surabaya mengenai bencana alam, terutama bencana prioritas surabaya yaitu banjir, cuaca ekstrem, gempa, dan kebakaran sehingga anak dapat mengenali bencana dan dapat melakukan upaya penyelamatan diri jika bencana terjadi. Penelitian ini merancang board game yang dapat digunakan sebagai media edukasi mengenai bencana alam kepada anak usia PAUD atau 3-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan menggunakan design thinking sebagai metode perancangan board game. Hasil dari perancangan berupa puzzle knob kayu dengan ukuran A4 dengan materi bencana prioritas Surabaya. Selain puzzle knob, terdapat kemasan, kartu dan poster cara bermain sebagai media pendukung.
Early childhood children are vulnerable to natural disasters, this is due to a lack of knowledge and insight regarding natural disasters. The natural disaster mitigation education program is a new program carried out by the Surabaya Regional Disaster Management Agency (BPBD). This program aims to educate and introducing children in the Surabaya area about natural disasters, especially Surabaya's priority disasters, namely floods, extreme weather, earthquakes and fires so that children can recognize disasters and can make efforts to save themselves if a disaster occurs. This research designs a board game that can be used as an educational medium about natural disasters for children aged 3-6 years. The research method used is a qualitative method and uses design thinking as a board game design method. The result of the design is an A4 size wooden puzzle knob with Surabaya priority disaster material. Apart from the knob puzzle, there is packaging, cards and posters on how to play as supporting media.