Development of E-jobsheet for The Making of Tunic Patterns in XII Fashion 2 Class at SMKN 1 Jabon
E-jobsheet merupakan perangkat ajar berbentuk digital dengan bantuan aplikasi flip pdf corporate yang berisi instruksi atau arahan kerja dan materi yang informatif dalam kegiatan praktik pembuatan pola tunik mata pelajaran busana industri. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendiskripsikan tingkat validitas e-jobsheet pembuatan pola tunik pada kelas XII busana 2 di SMKN 1 Jabon, 2) hasil belajar siswa dalam membuat pola tunik berbantuan e-jobsheet. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Delopment (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian 20 peserta didik. Instrumen yang digunakan yakni instrumen lembar penilaian validitas e-jobsheet oleh 2 validator ahli yaitu ahli media dan ahli materi serta instrumen rubrik penilaian praktik pembuatan pola tunik peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi teknik penilaian validitas e-jobsheet dan penilaian hasil praktik pembuatan pola peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan 1) tingkat validitas e-jobsheet oleh ahli materi dan media mendapatkan rerata 3,58 dengan kategori sangat valid, 2) Hasil belajar pembuatan pola tunik di kelas XII busana 2 SMKN 1 Jabon melalui penggunaan e-jobsheet mencapai ketuntasan belajar secara klasikal 100% dari jumlah peserta didik.
Kata Kunci: pengembangan, hasil belajar, e-jobsheet, pola tunik.
An e-jobsheet is a digital teaching tool with the help of a corporate flip pdf application which contains work instructions or directions and informative material in the practical activities of making tunic patterns for industrial clothing subjects. The aims of this study were to: 1) describe the validity level of e-jobsheet making tunic patterns in XII fashion 2 class at SMKN 1 Jabon, 2) student learning outcomes in making tunic patterns with the help of e-jobsheets. This research is a research development or Research and Delopment (R&D) with the ADDIE model. The research was carried out in an odd semester of the 2020/2021 school year with 20 students as research subjects. The instruments used were the instrument for assessing the validity of the e-jobsheet by 2 expert validators, namely media experts and material experts as well as the rubric instrument for assessing the practice of making tunic patterns for students. Data collection techniques in this study included techniques for evaluating the validity of e-jobsheets and evaluating the results of students' pattern-making practices. The data analysis technique used in this research is descriptive quantitative. The results showed 1) the validity level of the e-jobsheet by material and media experts got an average of 3.58 with a very valid category, 2) The results of learning to make tunic patterns in XII fashion 2 class SMKN 1 Jabon through the use of e-jobsheets achieved classical learning mastery 100% of the number of students.
Keywords: development, learning outcomes, e-jobsheet, tunic pattern