Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis discovery learning materi hereditas manusia untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMA yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Pengembangan LKPD dilakukan di Jurusan Biologi Universitas Negeri Surabaya dan uji coba terbatas dilakukan pada 16 peserta didik kelas XII-IPA 7 di SMAN 12 Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan metode validasi untuk tingkat validitas, metode observasi untuk tingkat kepraktisan, serta metode tes dan angket untuk tingkat keefektifan yang dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Dari keseluruhan data memberikan hasil bahwa nilai rata-rata keseluruhan validasi LKPD sebesar 3,7 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan LKPD ditinjau dari keterlaksanaan kegiatan dalam LKPD sebesar 98,6%. Keefektifan dilihat dari ketuntasan hasil belajar sebesar 84,6 dengan nilai gain kategori tinggi 0,74 dan ketercapaian indikator berpikir kritis 92,18% serta respon peserta didik sebesar 97,6% dengan kategori sangat efektif.Kata kunci: LKPD, dicovery learning, hereditas manusia, berpikir kritis.
The aims of study are to produce student’s worksheet based discovery learning on human heredity material to train thinking skills of critical student in class XII SMA which valid, practical, and effective. This research uses Four-D Models development method by define, design, and develop but without disseminate.This type of research is the development using a 4-D model that is define, design, develop and disseminate, but disseminate stage was not done. The trial target was limited to 16 students of class XII-IPA 7 at SMA Negeri 12 Surabaya. The parameters considered in this study are validity, implementation and effectiveness. Quantitative descriptive data analysis. The results of the validity carried out by three validators obtained an average of 3.7 with the category very valid category. Practicality of LKPD in terms of the implementation of activities in LKPD of 98.6%, and the level of effectiveness seen from the completeness of learning outcomes of 84.6 with a high category value of 0.74 and the achievement of critical thinking indicators 92.18% and the response of students by 97,6% with very effective category.Keywords: student worksheet, discovery learning, human heredity, critical thinking.