Berdasarkan studi pendahuluan, ditemukan pembelajaran masih sering menggunakan metode ceramah, diskusi dan penugasan. Kemudian guru tidak dapat membuat media pembelajaran IPS dan hasil angket diperoleh 81,1% siswa merasa kesulitan dalam pembelajaran IPS. Sehingga siswa maupun guru membutuhkan suatu bantuan rancangan media yang dapat membuat suasana pembelajaran terasa menyenangkan dan materi mudah ditangkap oleh siswa terutama dalam pembelajaran IPS. Apabila hal tersebut dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan siswa menjadi mudah bosan dan pasif dalam pembelajaran dan menyebabkan tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai dengan baik. Sehingga peneliti memiliki ide alternatif mengembangkan media timeline kipas peristiwa bersejarah yang diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan kreatif. Media timeline kipas peristiwa bersejarah merupakan suatu kipas yang berbentuk jenny lind dengan kerangka satu persatu yang memuat konsep suatu peristiwa bersejarah yaitu peristiwa sekitar proklamasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesifikasi produk media dan kelayakan media timeline kipas peristiwa bersejarah meliputi kevalidan media yang ditinjau dari penilaian ahli media dan ahli materi serta daya tarik dan daya serap yang ditinjau dari angket pengguna media.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan atau R&D dengan model pengembangan Borg dan Gall, di antaranya (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencenaan, (3) mengembangkan desain produk, (4) uji lapangan pendahuluan, (5) revisi produk utama. Subjek pada penelitian ini menggunakan siswa kelas V SDN Wonoasri 2 Kabupaten Madiun. Instrumen pengumpulan data yang dillakukan di antaranya lembar observasi, wawancara, angket dan lembar tes. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini yaitu data validasi media dan materi, data angket pengguna media dan data tes.
Hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan media dari ahli media sebesar 90,6 % yang kriteria sangat valid dengan beberapa saran dan masukan. Sedangkan kevalidan materi dari ahli materi sebesar 87,5% dengan kriteria sangat valid dengan beberapa saran dan masukan. Kemudian daya tarik dan daya serap siswa terhadap media sebesar 93,13% dengan kriteria sangat menarik dan 94,38% dengan kriteria sangat mudah. Dengan demikian media timeline kipas peristiwa bersejarah sangat layak digunakan.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Timeline Kipas Peristiwa
Based on preliminary studies, it was found that learning still often uses lecture, discussion and assignment methods. Then the teacher cannot make social studies learning media and the results of the questionnaire obtained 81.1% of students find it difficult in social studies learning. So students and teachers need a media design assistance that can make learning atmosphere enjoyable and the material easily captured by students, especially in social studies learning. If this is allowed to continue it will result in students becoming easily bored and passive in learning and causes learning goals can not be achieved properly. So that researchers have an alternative idea to develop a media timeline for historical events fans that are expected to create active and creative learning. Media timeline of historical events fan is a fan in the form of Jenny Lind with the framework one by one which contains the concept of a historical event that is the event around the proclamation. This study aims to determine the specifications of media products and the feasibility of a media timeline of historical events including the validity of the media in terms of the assessment of media experts and material experts as well as the appeal and absorptive capacity in terms of media user questionnaires.
The research method used is the research and development or R&D method with the Borg and Gall development model, including (1) research and information collection, (2) planning, (3) developing product design, (4) preliminary field testing, (5) major product revisions. The subjects in this study used fifth grade students of SD Wonoasri 2, Madiun Regency. Data collection instruments used included observation sheets, interviews, questionnaires and test sheets. While the data analysis techniques in this study are media and material validation data, media user questionnaire data and test data.
The results of the study obtained the validity of the media from media experts by 90.6% which is very valid criteria with some suggestions and input. While the validity of the material from material experts was 87.5% with very valid criteria with some suggestions and input. Then the attractiveness and absorption of students towards the media amounted to 93.13% with very interesting criteria and 94.38% with very easy criteria. Thus the historical timeline fan media event is very feasible to use.
Keywords: Development, Media Timeline Historic Event Fan