PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN POLA GAMIS DI KELAS XII SMKN 1 JABON SIDOARJO
DEVELOPMENT OF TUTORIAL VIDEO LEARNING MEDIA FOR MAKING ROBE PATTERNS IN CLASS XII OF SMK NEGERI 1 JABON SIDOARJO
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran video tutorial pada capaian pembelajaran pola gamis (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran video tutorial pembelajaran (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media video tutorial pembuatan pola gamis. Model penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yang meliputi: 1) Analisis untuk mengidentifikasi materi yang akan diajarkan kepada siswa. 2) Perancangan media yang sesuai dengan materi ajar. 3) Pengembangan media video tutorial agar mudah dipahami siswa. 4) Implementasi media video tutorial pembelajaran yang sudah dibuat diaplikasikan kepada 31 siswa kelas XII Tata Busana 1 SMK Negeri 1 Jabon tahun ajaran 2023/2024. 5) Evaluasi dilakukan untuk perbaikan media yang akan datang. Teknik Analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang digunakan untuk menghitung hasil validitas dan hasil belajar menggunakan nilai persentase. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut : 1) Pengembangan media video tutorial pembelajaran pola gamis berhasil dikembangkan sesuai dengan aspek-aspek kriteria kelayakan video, 2) kelayakan media video tutorial pembuatan pola gamis memperoleh skor validasi dari 2 ahli materi dengan nilai rata-rata 94% dengan memperoleh kriteria sangat valid. Selanjutnya dari 2 ahli media mendapatkan validasi dengan nilai rata-rata 95% dan memperoleh kriteria sangat valid. Hasil tersebut diinterpretasikan berdasarkan rentang skala Likert interpretasi skor tingkat capaian sangat valid. 3) Hasil belajar siswa yang telah menuntaskan nilai KKTP sebanyak 29 siswa dan 2 siswa belum menuntaskan nilai KKTP, karena belum menyelesaikan pembuatan pola gamis.
Kata kunci : video tutorial, hasil belajar, pola gamis
This study aims to: (1) develop video tutorial media on the basic competencies of robe patterns (2) determine the feasibility of learning video tutorial media (3) find out student learning outcomes after using video tutorial media for making robe patterns. The research method used is the ADDIE method which consists of 5 stages which include: 1) Analysis to identify the material to be taught to students. 2) Media design that is in accordance with the teaching materials. 3) Development of video tutorial media so that students can easily understand it. 4) The implementation of the instructional video tutorial media that has been made is applied to 31 students of class XII Fashion Design 1 SMK Negeri 1 Jabon for the 2023/2024 academic year. 5) Evaluation is carried out for future media improvements. The analysis technique used is descriptive quantitative which is used to calculate the results of validity and learning outcomes using percentage values. This study obtained the following results: 1) The development of video tutorial media for learning gamis patterns was successfully developed in accordance with aspects of the video eligibility criteria 2) the feasibility of the video media for making robe patterns obtained a validation score from material experts with an average value of 94% by obtaining very valid criteria. Furthermore, media experts obtained validation with an average value of 95% and obtained very valid criteria. These results are interpreted based on the Likert scale range, the interpretation of the achievement level score is very valid. 3) The learning outcomes of students who have completed the KKTP scores are 29 students and 2 students have not completed the KKTP scores, because they have not completed making the robe pattern correctly.
Keywords: video tutorial, learning outcomes, robe pattern