PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR ACITA BERBASIS KESEHATAN DAN KESELAMATAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
DEVELOPMENT OF ACITA PICTURE STORIES BASED ON HEALTH AND SAFETY IN CHILDREN AGED 4-5 YEARS
Meningkatkan dan menerapkan pengetahuan kesehatan dan keselamatan pada anak usia dini, terutama dalam hal cuci tangan di masa pandemi sangat penting untuk dilakukan. Pengetahuan tentang mencuci tangan dengan sabun dapat meningkatkan kesadaran anak terhadap pencegahan penularan Covid-19, serta membantu mereka dalam upaya untuk menjaga dan meningkatkan kesehatannya. Studi penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan luaran berupa buku cerita bergambar tanpa kata (wordless picture book) berbasis kesehatan dan keselamatan sebagai media pembelajaran cuci tangan pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R&D), yang sesuai dengan model pengembangan ADDIE (Analays, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data kualitatif dan kuantitatif yang diterima melalui kuesioner dalam bentuk angket penilaian mengacu pada skala likert kemudian dinilai menggunakan pedoman kriteria evaluasi untuk menetapkan kelayakan buku dongeng ACITA. Penelitian yang melibatkan guru TK Dharmawanita Desa Sanan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung ini mengungkapkan kategori cukup layak dengan nilai persentase 60,6 persen dalam analisis kelayakan. Penilaian kelayakan buku cerita yang dilakukan oleh ahli materi mengungkapkan nilai persentase sebesar 61 persen dan dapat digolongkan cukup layak. Selanjutnya penilaian yang dilakukan oleh ahli media mengungkapkan nilai persentase sebesar 65,7 persen dan dapat digolongkan cukup bermanfaat. Atas dasar kesehatan dan keselamatan, dapat ditentukan bahwa buku cerita ACITA adalah alat yang tepat untuk mengajarkan cuci tangan kepada anak-anak usia 4-5 tahun Penelitian ini berimplikasi pada media pembelajaran tentang cuci tangan yang baik dan benar, serta wawasan pengetahuan tentang kemampuan anak dalam mencuci tangan sesuai dengan anjuran atau tata cara mencuci tangan yang baik dan benar, sehingga kesadaran anak untuk menjaga dan memelihara kesehatan dirinya juga ikut meningkat.
Kata kunci: Pencegahan Covid-19, Kebiasaan Cuci Tangan, Buku cerita Tanpa Kata
Improving and applying health and safety knowledge in early childhood, especially in terms of hand washing during a pandemic is very important to do. Knowledge of washing hands with soap can increase children's awareness of preventing the transmission of Covid-19, as well as assist them in efforts to maintain and improve their health. This research study aims to produce an output in the form of a wordless picture book based on health and safety as a medium for learning to wash hands for children aged 4-5 years. This study uses the Research and Development (R&D) methodology, which is in accordance with the ADDIE development model (Analays, Design, Development, Implementation, Evaluation). Qualitative and quantitative data received through a questionnaire in the form of an assessment questionnaire referring to the Likert scale then assessed using evaluation criteria guidelines to determine the feasibility of ACITA fairy tale books. The study, which involved the Dharma Wanita Kindergarten teacher, Sanan Village, Pakel District, Tulungagung Regency, revealed that the category was quite feasible with a percentage value of 60.6 percent in the feasibility analysis. The assessment of the feasibility of story books conducted by material experts revealed a percentage value of 61 percent and can be classified as quite feasible. Furthermore, the assessment conducted by media experts revealed a percentage value of 65.7 percent and can be classified as quite useful. On the basis of health and safety, it can be determined that the ACITA story book is the right tool to teach hand washing to children aged 4-5 years. washing hands in accordance with the recommendations or procedures for good and correct hand washing, so that children's awareness to maintain and maintain their own health also increases.
Keywords: Covid-19 Prevention, Hand Washing Habits, Wordless Storybooks