ABSTRAK
Widiasri, Nurisna. Penerapan Video Interaktif dengan Pendekatan Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMKN Kasiman. Tesis. Surabaya. Sekolah Pascasarjana. 2025
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan penerapan video interaktif dengan pendekatan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi di SMKN Kasiman. Metode yang digunakan adalah penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group, yang melibatkan dua kelompok: kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan media interaktif dalam penerapan PBL, sementara kelas kontrol menerapkan PBL tanpa media interaktif. Instrumentasi penelitian mencakup lembar keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa terhadap video interaktif, serta alat penilaian untuk ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Sampel terdiri dari 34 siswa pada kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran akuntansi dengan video interaktif pada pendekatan PBL menunjukkan keberhasilan yang sangat baik, dengan tingkat penerapan mencapai 95,75%. Rata-rata skor respon siswa terhadap video interaktif juga sangat baik, mencapai 93%. Analisis korelasi menunjukkan signifikansi yang kuat: respon siswa terkait video interaktif berkorelasi dengan hasil belajar pada ranah kognitif (0,000), psikomotor (0,000), afektif (0,001). Dengan α=5%, semua hasil menunjukkan bahwa ada hubungan antara respon siswa terhadap video interaktif dengan hasil belajar siswa kognitif, psikomotor dan afektif. Selanjutanya, menggunkan t-test, ditemukan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,002, yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata- rata hasil belajar ranah psikomotor di kelas eksperimen adalah 3,38 sedangkan kelas kontrol 3,15, menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih unggul. Rata-rata hasil belajar ranah afektif juga lebih tinggi di kelas eksperimen yaitu 3,32 dibandingkan 3,15 di kelas kontrol. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video interaktif dalam pembelajaran Akuntansi dengan pendekatan PBL memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa di semua ranah yang dianalisis.
Kata-kata Kunci : efektifitas, penerapan, problem based learning, respon, , video interaktif