Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
PENGGUNAAN
GAWAI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Kode Dokumen
:
0021/PASCA-T-DIKDAS/2025
Penulis Utama
:
TIWIK SUNARSIH
NIM Penulis Utama
:
22070855042
Tahun
:
2025
Judul ID
:
PENGGUNAAN
GAWAI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Judul EN
:
PENGGUNAAN
GAWAI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Sumber
:
UNESA - Fakultas Ilmu Pendidikan - Jurusan S2 Pendidikan Dasar - 22070855042 - 2025
Jenis Dokumen
:
Tesis
Abstrak ID
:
Penggunaan gawai di kalangan peserta didik sekolah dasar semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan gawai terhadap perilaku sosial peserta didik, mengidentifikasi tingkat penggunaannya, serta mengkaji dampak positif dan negatif yang ditimbulkan. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi perilaku sosial peserta didik dalam konteks penggunaan gawai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di SDN Tapen 1, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas VI, guru, serta orang tua yang memiliki peran dalam mengawasi penggunaan gawai anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gawai memiliki dampak yang beragam terhadap perilaku sosial peserta didik. Dampak positifnya meliputi peningkatan akses terhadap informasi, pengembangan keterampilan teknologi, serta kemudahan dalam komunikasi. Namun, penggunaan gawai yang tidak terkontrol juga berkontribusi terhadap berkurangnya interaksi sosial secara langsung, munculnya kecanduan, serta perubahan sikap dan pola perilaku anak. Faktor-faktor yang berperan dalam membentuk perilaku sosial peserta didik meliputi peran orang tua, lingkungan sosial, serta kebijakan sekolah dalam mengatur penggunaan gawai di lingkungan pendidikan. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan agar penggunaan gawai di kalangan peserta didik dikelola dengan bijak melalui pengawasan dan bimbingan dari orang tua serta guru. Selain itu, diperlukan upaya untuk menyeimbangkan penggunaan teknologi dengan aktivitas sosial yang mendukung perkembangan keterampilan interpersonal peserta didik.
Kata Kunci
: penggunaan gawai, perilaku sosial, peserta didik, sekolah dasar, dampak teknologi
Abstrak EN
:
The use of gadgets among elementary school students has increased along with technological advancements. This study aims to analyze the impact of gadget use on students' social behavior, identify the level of gadget usage, and examine both its positive and negative effects. Additionally, this research explores the factors influencing students' social behavior in relation to gadget use. This study employs a qualitative method with a descriptive approach. Data were collected through observations, interviews, and documentation conducted at SDN Tapen 1, Lembeyan District, Magetan Regency. The research subjects included sixth-grade students, teachers, and parents who play a role in supervising children's gadget use.
The results indicate that gadget use has both positive and negative effects on students' social behavior. The positive impacts include increased access to information, the development of technological skills, and easier communication. However, uncontrolled gadget use contributes to reduced face-to-face social interactions, potential addiction, and changes in children's attitudes and behavior patterns. The factors influencing students' social behavior include parental roles, social environment, and school policies regarding gadget use in the educational setting. Based on the findings, it is recommended that gadget use among students be managed wisely through parental and teacher supervision and guidance. Furthermore, efforts should be made to balance technology use with social activities that support students' interpersonal skill development.
Keywords
: gadget use, social behavior, students, elementary school, technology impact
Link Artikel
File Abstrak
File Lampiran