Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) merupakan lembaran yang berisi tugas, petunjuk dan langkah dalam menyelesaikan tugas. LKPD yang dikembangkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) yang pada setiap tahapannya terdapat indikator keterampilan literasi sains yang dilatihkan. Fokus penelitian ini yaitu pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan literasi sains peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Data dianalisis dari hasil validasi, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, hasil belajar dan respon peserta didik secara statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop dan Dessiminate). Penelitian diujicobakan secara terbatas pada 20 peserta didik kelas XI di SMAN 18 Surabaya. Hasil validasi menunjukkan LKPD dinilai sangat valid dengan skor validasi sebesar 3,77. Kepraktisan LKPD diukur berdasarkan keterlaksanaan LKPD selama pembelajaran berlangsung dengan hasil sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran dengan keterlaksanaan 100%. Keefektifan LKPD diukur berdasarkan hasil belajar dan respon peserta didik. Hasil belajar peserta didik ditinjau dari rata-rata nilai pre-test sebesar 42,1 dan rata-rata nilai post-test sebesar 95,4. Respon peserta didik mendapatkan skor rata-rata 99% dengan kategori sangat positif. Dengan demikian LKPD berbasis PBL dinyatakan sangat valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran pada materi perubahan lingkungan.
Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Problem Based Learning, literasi sains, perubahan lingkungan.
Worksheet is a sheet that contains the tasks, instruction and steps in completing the task. Worksheet is based on Problem Based Learning (PBL) that include science literacy indicators in every step. The purpose of this research was to produce a valid, practical, and effective student worksheet based on Problem Based Learning (PBL) on environment change topic to train literacy science skill. Data analyzed by validation, observation, student test and questionnaire with qualitatively and quantitatively descriptive statistics. This study was a development research which was referred to 4-D model (Define, Design, Develop and Dessiminate). This research which had been held in limited implemented for 20 students in SMAN 18 Surabaya. The validation result showed that the student worksheet were properly with the value of 3,77. Student worksheet was practicable for biology learning based on student worksheet implementation with the value of 100%. Student worksheet was effective based on learning result and student’s responses. Student’s learning result with the value of 42,1 on pre-test and 95,4 on post-test. Student’s responses with the value of 99%. Therefore, Student worksheet based on Problem Based Learning on environment change topic was valid, practical and effective to be used in learning activities.
Keywords: Worksheet, Problem Based Learning, science literacy, environment change.