Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan dan sikap siswa tentang bencana gempa bumi terhadap kesiapsiagaan di SMP Negeri 6 Dampelas. Metode yang digunakan ialah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori atau penelitian penjelasan. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu pengetahuan dan sikap tentang bencana gempa bumi, sedangkan variabel terikatnya adalah kesiapsiagaan. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 56 responden yang diperoleh menggunakan teknik proportional sampling dengan metode dari Taro Yamane. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisa data menggunakan menggunakan uji regresi sederhana dan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara statistik regresei linier sederhana dengan nilai α = 5% (Uji 2 sisi, 0,05 : 2 = 0,025) dan derajat kebebasan n-2-1 atau 56-2-1 = 53 diperoleh t tabel sebesar 2,005, variabel pengetahuan (X1) dengan kesiapsagaan (Y) siswa tentang bencana gempa bumi diperoleh t-hitung sebesar 3,392, sedangkan t-tabel sebesar 2,005, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti secara parsial pengetahuan siswa berpengaruh signifikan terhadap kesiapsiagaan tentang bencana gempa bumi (3,392 > 2,005). Variabel sikap (X2) diperoleh t hitung > t tabel (2,892 > 2,005), maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti secara parsial sikap siswa tentang bencana gempa bumi berpengaruh signifikan terhadap kesiapsiagaan. Hasil uji koefesien regresi berganda (Uji F) dengan nilai α = 5% pada tabel distribusi F dengan derajat kebebasan atau degree of freedom (df) df atau (56-2-1) = 53 diperoleh t tabel sebesar 1,674 menunjukkan nilai F hitung sebesar 7,137 yang berarti F hitung > F tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti secara parsial pengetahun dan sikap siswa tentang bencana gempa bumi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kesiapsiagaan di SMP Negeri 6 Dampelas. Sedangkan hasil koefesien determinasi (Uji R) nilai Adjusted R Square (R2) menunjukkan nilai sebesar 0,613 atau 61,3 % sumbangan pengaruh variabel pengetahuan dan sikap siswa tentang bencana gempa bumi terhadap variabel kesiapsiagaan dan 38,7% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian.
Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Kesiapsiagaan dan Bencana Gempa Bumi
This study aims to analyze the influence of students' knowledge and attitudes about the earthquake disaster on preparedness at SMP Negeri 6 Dampelas. The method used is quantitative with the type of explanatory research or explanatory research. The research variables consist of independent variables, namely knowledge, and attitudes about earthquake disaster, while the dependent variable is preparedness. The research sample used was 56 respondents obtained using a proportional sampling technique with the method of Taro Yamane. Data collection techniques using questionnaires and tests. Data analysis uses simple regression and multiple regression tests.
The results showed that statistically simple linear regression with α = 5% (2-sided test, 0.05: 2 = 0.025) and degrees of freedom n-2-1 or 56-2-1 = 53 obtained t table of 2.005, knowledge variable (X1) with students' preparedness (Y) about earthquake disaster obtained t-test of 3.392, while t-table of 2.005, then Ho is rejected and Ha is accepted, which means that partially student's knowledge has a significant effect on earthquake preparedness (3,392> 2,005). Attitude variable (X2) obtained t count> t table (2.892> 2.005), then Ho is rejected and Ha is accepted, which means partially students' attitudes about earthquake disaster have a significant effect on preparedness. The results of the multiple regression coefficient tests (Test F) with a value of α = 5% in the F distribution table with degrees of freedom (df) df or (56-2-1) = 53 obtained t table of 1.674 shows the calculated F value of 7,137 which means F arithmetic> F table then Ho is rejected and Ha is accepted, which means partial knowledge and student attitudes about earthquake disaster simultaneously have a significant effect on preparedness at SMP Negeri 6 Dampelas. While the results of the coefficient of determination (Test R) Adjusted R Square value (R2) showed a value of 0.613 or 61.3% contribution to the influence of students' knowledge and attitudes about earthquake disasters to preparedness variables and 38.7% influenced by other variables outside the study.
Keywords: Knowledge, Attitude, Earthquake Preparedness, and Disaster