ABSTRAK
Heri Wahyudi. 2018. Evaluasi Program Pembinaan Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) Kalimantan Timur. Disertasi, Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Hari Setijono, M.Pd., dan (II) Dr. Edy Mintarto, M. Kes.
Kata-kata Kunci: Evaluasi, Pembinaan, CIPP, SKOI Kalimantan Timur
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji dan menganalisis Context di SKOI Kalimantan Timur, (2) untuk mendeskripsikan dan menganalisis Input dalam penyelenggaraaan SKOI Kalimantan Timur, (3) untuk mendeskripsikan dan menganalisis Process SKOI Kalimantan Timur dalam membina siswa/atlet, (4) Untuk mengkaji dan menganalisis Product yang dicapai oleh siswa/atlet SKOI Kalimantan Timur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi (evalution researh), dengan desain penelitian adalah model CIPP yang dikembangkan oleh Sufflebeam yang terdiri dari unsur: context, input, process, dan product. Context dievaluasi mengenai tingkat pemahaman tentang tujuan dan aktivitas dari program pembinaan dan latihan. Input dievaluasi mengenai kondisi input sumber daya manusia, sarana prasarana serta proses pembelajaran dan pembinaan olahraga. Process dievaluasi mengenai proses aplikasi program, pengelolaan dan pelaksanaan pelatihan atlet. Product dievaluasi tentang hasil pencapaian prestasi atlet di bidang olahraga maupun akademiknya.
Hasil penelitian dan diskusi hasil penelitian menunjukkan bahwa: Context keberadaan SKOI Kalimantan Timur ditinjau berdasarkan latar belakang dan tujuan pendirian, serta visi misinya sudah sesuai dengan kebutuhan dalam melakukan pembinaan terhadap atlet-atlet muda dalam peningkataan prestasi, dimana seluruh pembiayaan berasal dari APBD Kalimantan Timur. Input atlet berasal dari kabupaten/kota di Kalimantan Timur yang memiliki prestasi, namun sebaran asal atlet di 10 Kabupaten/kota Kalimantan Timur kurang merata. Sarana dan prasarana memerlukan perbaikan dan perawatan yang lebih intensif, serta segera ditindaklanjuti untuk dilengkapi. Process keterlaksanaan proses bidang akademik dan bidang pembinaan prestasi olahraga sudah sesuai dengan kriteria yang ada. Product pada bidang akademik sudah baik berdasarkan tingkat kelulusan dan kenaikan kelas. Untuk pencapaian prestasi olahraga pada beberapa cabang olahraga sudah sesuai dengan harapan, namun untuk cabang olahraga tertentu yang belum meraih prestasi diperlukan perbaikan dari seluruh aspek.
Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan suatu proses pembibitan, pembinaan, pelatihan, dan pengelolaan sekolah olahraga yang bertaraf Internasional tidak terlepas dari kualitas sumber daya manusia mulai dari atlet, pelatih, guru dan pihak pengelola, serta penunjang lainnya seperti pendanaan dan sarana prasarana. Jika semua komponen tersebut terpenuhi maka akan menghasilkan suatu proses pembinaan prestasi olahraga yang maksimal, sehingga menghasilkan atlet-atlet yang mempunyai prestasi yang unggul baik tingkat Nasional maupun Internasional.
ABSTRACT
Heri Wahyudi. 2018. Evaluation of International Specialist Training Program for Athletes (SKOI) of East Kalimantan. Dissertation, Sport Science S3 Program, Postgraduate Program of Universitas Negeri Surabaya. Counselor: (I) Prof. Dr. H. Hari Setijono, M.Pd., and (II) Dr. Edy Mintarto, M. Kes.
Key Words: Evaluation, Development, CIPP, SKOI East Kalimantan
This study aims to: (1) examine and analyze the Context in East Kalimantan SKOI, (2) to describe and analyze Inputs in the implementation of East Kalimantan SKOI, (3) to describe and analyze East Kalimantan Process SKOI in fostering students / athletes, (4 ) To study and analyze the products achieved by East Kalimantan SKOI students / athletes.
This type of research is evaluation research, with the research design being the CIPP model developed by Sufflebeam which consists of elements: context, input, process, and product. Context is evaluated regarding the level of understanding of the objectives and activities of the coaching and training program. Inputs are evaluated regarding the conditions of human resource input, infrastructure and the process of learning and training. The process is evaluated regarding the program application process, management and implementation of athlete training. The product is evaluated about the results of the achievements of athletes in the field of sports and academics.
The results of the study and discussion of the results showed that: The context of the East Kalimantan SKOI was reviewed based on the background and objectives of the establishment, and its vision and mission were in accordance with the needs in fostering young athletes in achievement improvement, where all funding came from the East Kalimantan Regional Budget Inputs from athletes from districts / cities in East Kalimantan have achievements, but the distribution of origin of athletes in 10 districts / cities of East Kalimantan is less evenly distributed. Facilities and infrastructure require more intensive repairs and maintenance, and are immediately followed up to be completed. The process of academic process implementation and the field of sports achievement coaching is in accordance with the existing criteria. Products in the academic field are good based on graduation rates and class increases. For the achievement of sports achievements in some branches of sport is in line with expectations, but for certain sports that have not yet achieved the achievement needed repairs from all aspects.
The conclusions of this study indicate that the success of a nursery process, coaching, training, and management of an international-standard sports school is inseparable from the quality of human resources, from athletes, coaches, teachers and managers, and other support such as funding and infrastructure. If all the components are met, it will produce a maximum process of fostering sports performance, resulting in athletes who have excellent achievements at both National and International levels.