TEACHER’S DECISION-MAKING IN GIVING FEEDBACK IN SENIOR HIGH SCHOOL
Dalam proses belajar-mengajar, guru dituntut bukan hanya menguasai mata pelajaran tetapi juga pengetahuan pedagogis. Dalam menghadapi umpan balik, masalahnya adalah guru berkecimpung dalam tindakan yang efektif dan efisien dalam memenuhi peran mereka sebagai guru. Untuk mencapai umpan balik yang efektif dan efisien, guru perlu membuat keputusan yang tepat dengan batasan waktu. Griffith, et al. (2013) menyatakan bahwa dasar keterampilan mengajar adalah pengambilan keputusan dan setiap tindakan mengajar di kelas adalah hasil dari keputusan. Namun, guru mengalami keterbatasan waktu dalam memutuskan umpan balik yang tepat untuk siswa mereka. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari dan menggambarkan pengambilan keputusan guru dalam menerapkan umpan balik. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah empat guru Bahasa Inggris di SMA. Wawancara semi terstruktur diterapkan untuk mendapatkan data. Kemudian, hasil penelitian dianalisis dan ditafsirkan dalam bentuk naratif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertimbangan guru dalam menerapkan umpan balik adalah kebutuhan siswa, kondisi siswa dan kepercayaan guru. Guru menerapkan pengambilan keputusan rasional dan intuisi.
Kata Kunci: guru, keputusan, umpan balik.
In teaching-learning process, the teacher is required mastering not merely the subject knowledge but also the pedagogical knowledge. In dealing with feedback, the issue is the teacher deal with the effective and efficient action in fulfilling their roles as a teacher. To accomplish effective and efficient feedback, the teacher needs to create a right decision with a time restriction. Griffith, et al. (2013) proposed that the basic teaching skill is decision-making and every teaching act in class is the result of decisions. However, the teacher faces the time restriction in deciding the right feedback for their students. Therefore, the purpose of this research was to seek and describe the teacher's decision-making in implementing feedback. This research was designed as a qualitative research. The subjects of this research were four English teachers in senior high school. The semi structured interview was applied to get the data. Then, the results were analyzed and interpreted in the form of narrative and descriptive form. The findings have shown that the teacher's consideration in applying feedback is student's need, student's condition and teacher's belief. The teacher applied the decision-making rational and intuition.
Keywords: teacher, decision-making, feedback.