STUDI KEPUSTAKAAN : UPAYA PENCEGAHAN BAHAYA NARKOBA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
LITERATURE STUDY: EFFORTS TO PREVENT THE DANGER OF DRUGS IN JUNIOR HIGH SCHOOL (SMP) STUDENTS
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dan keberhasilan program pencegahan narkoba pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode yang digunakan adalah studi pustaka kualitatif, dengan pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber tertulis seperti jurnal nasional yang kemudian dianalisis dan diorganisasikan secara sistematis. Upaya pencegahan narkoba dilaksanakan melalui sosialisasi dan pemberian layanan informasi yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling. Layanan informasi ini mencakup kegiatan tanya jawab, jigsaw, edukasi, ceramah, visual, dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi menjadi pendekatan yang sangat efektif, dengan peningkatan pemahaman siswa tentang bahaya narkoba mencapai 80%. Layanan ini dapat diberikan secara klasikal maupun dalam kelompok, serta dapat diterapkan dalam jangka panjang. Selain itu, upaya edukatif sekolah, seperti sosialisasi berkala, ceramah, dan diskusi, serta keterlibatan instansi pemerintah, menjadi strategi penting dalam pencegahan narkoba di SMP. Peran guru bimbingan dan konseling sangat vital dalam menyampaikan informasi ini kepada siswa, meskipun kendala seperti jumlah siswa yang banyak dan jumlah guru yang terbatas menjadi tantangan. Rekomendasi termasuk peningkatan teknik kreatif dalam penyampaian informasi, perpanjangan waktu pelaksanaan, dan diskusi terpisah antara siswa dan orang tua untuk meningkatkan efektivitas pencegahan narkoba di sekolah menengah pertama.
Kata kunci: Upaya pencegahan bahaya narkoba, layanan informasi dan siswa SMP.
This study aims to evaluate the effectiveness and success of drug prevention programs among junior high school (SMP) students. The method used is qualitative literature review, collecting data and information from various written sources such as national journals, which are then analyzed and systematically organized. Drug prevention efforts are carried out through socialization and the provision of information services conducted by guidance and counseling teachers. These information services include activities such as question and answer sessions, jigsaw puzzles, education, lectures, visual aids, and discussions. The results show that information services are a highly effective approach, with an 80% increase in students' understanding of the dangers of drugs. These services can be provided both classically and in groups and can be implemented in the long term. Additionally, school educational efforts, such as periodic socialization, lectures, discussions, and the involvement of government agencies, are important strategies in drug prevention in junior high schools. The role of guidance and counseling teachers is crucial in delivering this information to students, although challenges such as large numbers of students and limited numbers of teachers exist. Recommendations include improving creative techniques in information delivery, extending implementation time, and holding separate discussions between students and parents to enhance the effectiveness of drug prevention in junior high schools.
Key words: Efforts to prevent the dangers of drugs, information services and junior high school students.