DESIGN OF POP-UP BOOK WITH THE THEME OF FARMING PROFESSION FOR KINDERGARTEN CHILDREN DHARMA WANITA PERSATUAN GEBANG
Latar belakang dari penelitian ini adalah karena tidak adanya media penunjang pembelajaran yang kreatif dan menarik pada tematik profesi khususnya subtema profesi petani, media yang digunakan hanya menggunakan media yang sudah ada atau media konvesional seperti buku paket, sehingga anak mudah bosan dan mengantuk ketika di kelas, akibatnya materi yang diberikan tidak dicerna dengan optimal. Salah satu media pembelajaran yang relevan bagi anak TK adalah buku pop-up. Melalui buku tersebut, guru dapat menyampaikan materi ke siswa tentang profesi petani dengan lebih menyenangkan, sehingga siswa tidak bosan dalam proses pembelajaran dan dapat menangkap materi yang diberikan dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep dan proses visualisasi buku pop-up. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menerapkan model ADDIE menurut Sugiyono (2015) terdapat 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan metode Miles dan Huberman (1992) dijelaskan bahwa analisis kualitatif dibagi beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa buku pop-up yang telah divalidasi oleh ahli dan guru dinyatakan layak untuk digunakan memperoleh skor 87% dari ahli materi, 100% dari ahli media, dan 94% dari penilaian guru.
The background of this research is the absence of creative and interesting learning support media on the thematic profession, especially the sub-theme of the farmer profession, the media used only uses existing media or conventional media such as textbooks, so that children are easily bored and sleepy when in class, As a result, the material provided is not digested optimally. One of the relevant learning media for kindergarten children is a pop-up book. Through the book, the teacher can convey material to students about the farming profession more pleasantly, so that students do not get bored in the learning process and can capture the material given well. The purpose of this research is to describe the concept and process of visualizing pop-up books. This study uses a qualitative method by applying the ADDIE model according to Sugiyono (2015) there are 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Analysis of the data in this study using qualitative analysis with the method of Miles and Huberman (1992) explained that qualitative analysis is divided into several stages, namely data reduction, data presentation, and conclusions. The results of this study in the form of a pop-up book that has been validated by experts and the teacher is declared eligible for use, obtaining a score of 87% from material experts, 100% from media experts, and 94% from teacher assessments.