ABSTRAK
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN
INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGASAH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
PADA SUB MATERI FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI KELAS XI SMA
NEGERI 2 BANGKALAN
Nama
: Nurul Auliya
NIM
: 16030194016
Program
Studi : S-1
Jurusan
: Kimia
Fakultas :
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama
Lembaga : Universitas Negeri
Surabaya
Pembimbing :
Bertha Yonata, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui
penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada sub materi faktor – faktor
yang mempengaruhi laju reaksi meliputi keterlaksanaan sintaks model
pembelajaran inkuiri terbimbing, aktivitas peserta didik, keterampilan berpikir
kritis peserta didik, dan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini dilakukan
di SMA Negeri 2 Bangkalan menggunakan metode One Group Pretest Posttest Design untuk mengetahui keterampilan
berpikir kritis peserta didik dan One
Shot Case Study untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik.
Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar pengamatan
keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing, aktivitas peserta didik, lembar
Pretest dan Posttest . Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode
analisis kuantitatif. Dapat disimpulkan pada penelitian ini bahwa (1)
Keterlaksanaan keterlaksanaan sintaks model pembelajaran inkuiri terbimbing
pada 3 pertemuan menunjukkan persentase rata-rata pada pertemuan I sebesar 98,86%
, pertemuan II sebesar 96,21%, dan pertemuan III sebesar 99,62%, dimana ketiganya termasuk dalam kriteria
sangat baik. (2) Aktivitas peserta didik yang muncul dalam proses kegiatan
belajar mengajar pada pertemuan 1, 2, dan 3 berturut – turut 96,30% ; 98,52%
dan 97,78%. Sedangkan aktivitas yang tidak relevan pada pertemuan 1, 2, dan 3
berutut – turut 3.70 % ; 1,48 % dan 2,22 %. (3) Keterampilan
berpikir kritis peseta didik meningkat
dari hasil Pretest menuju Posttest yang diukur menggunakan rumus N-Gain Score dimana 100% peserta didik
tuntas dalam komponen interpretasi, analisis, inferensi, dan eksplanasi dengan
rata –rata skor gain dalam kategori tinggi. (4) Hasil belajar kognitif peserta
yaitu yaitu sebanyak 31 peserta didik tuntas atau 85,29% dan 5 peserta didik
tidak tuntas atau 14,71%.
Kata kunci : Inkuiri
Terbimbing, Laju Reaksi, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar.