Penggunaan Strategi Metakognisi Antar Jenis Kelamin dan Pemahaman Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama
Using Metacognitive Strategy of Across Gender and English Proficiency in Junior High School
Artikel ini memuat penelitian tentang strategi yang siswa lakukan ketika membaca bacaan dalam bahasa inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan antara strategi membaca metakognitif siswa dengan tingkat dasar, menengah dan atas kemampuan bahasa Inggris (2) untuk mengetahui perbedaan stategi membaca metakognitif siswa antara siswa laki-laki dan perempuan. Subjek peneltian ini adalah kelas 2 SMP. Sampel penelitian diantaranya 25 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan didalam kelas yang berbeda dan guru yang berbeda. Penelitian ini menggunakan ex post facto penelitian untuk mengkorelasikan tingkat kemampuan bahasa Inggris siswa dan perbedaan gender dengan kesadaran metakognisi. Data penelitian dikumpulkan menggunakan nilai formatif bahasa inggris siswa di kelas dan tes MARSI. Peneliti juga memakai wawancara kepada siswa untuk menyempurnakan data penelitian. Penelitian ini menggunakan one way ANOVA analisis untuk menganalisis level kemampuan bahasa inggris dan juga memakai independen sampel t-test analisis untuk mengkomparasi data perbedaan gender di kesadaran metakognisi dalam strategi membaca. Kesimpulannya, tidak ada perbedaan signifikan antara laki-laki dan perempuan dalam menggunakan strategi metakognisi didalam perbedaan tingkatan pemahaman bahasa Inggris.
Kata Kunci: Strategi Metakognitif, Strategi Membaca, Membaca, MARSI
This article contains study about strategies that students use when they read English text. The purpose of this study is (1) to know the differences student’s metacognitive reading strategy in low, middle, and high level of English proficiency (2) to know the differences metacognitive awareness of Male and Female in reading comprehension. The subject of this study is second grade junior high school student. The samples are 25 male students and 25 female students in different class and teacher. This study presents ex post facto study to compare level of English proficiency and across gender with Metacognitive Awareness. The data collected by using Formative score in class and Metacognitive Awareness of Reading Strategy Inventory (MARSI) test. The researcher also interviews the students to complete the data. This study use one way ANOVA analysis to analyze different English Proficiency and Independent sample t-test analysis to compare data of across gender in metacognitive awareness of reading strategy. In conclusion, there is no significant differences between male and female using metacognitive reading strategy in different level of English proficiency.
Keywords: Metacognitive Strategy, Reading Strategy, Reading, MARSI