Pemodelan Hubungan Kondisi Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Lentur Jalan By Pass Kecamatan Krian, Sidoarjo Akibat Volume Kendaraan
Kondisi kerusakan jalan merupakan kondisi ketika jalan tak mampu memberikan pelayanan optimal untuk kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan yang melintasi ruas jalan. Penyebab terjadinya kerusakan jalan salah satunya disebabkan oleh peningkatan volume kendaraan. Jalan by Pass Krian merupakan jalan strategis sebagai jalur transportasi antar kota seperti Surabaya-Madiun-Solo-Jogja dan memiliki potensi wilayah seperti perindustrian, pendidikan, dan perdagangan. Hal ini mengakibatkan semakin meningkatnya volume dan variasi moda transportasi yang berpotensi menurunkan kondisi jalan. Tujuan penelitian ini untuk menemukan hubungan volume kendaraan terhadap nilai kondisi jalan menggunakan regresi dengan software SPSS. Pemilihan metode PCI dikarenakan memberikan cara lebih rinci tentang penilaian kondisi jalan, dan penggunaan SPSS memberi kemudahan analisis data. Pemilihan model regresi yang sesuai dalam penelitian ini adalah regresi linear. Persamaan pada Light Vehicles didapatkan Y = 91,167-0,091 X dengan R2 0,588. Persamaan Medium Heavy Vehicle didapatkan Y = 83,159-0,131 X dengan R2 0,734. Persamaan Heavy Vehicles didapatkan Y =87,917– 0,162X dengan R2 0,802. Persamaan Motor Cycle didapatkan Y =69,932 – 0,015X dengan R2 0,347. Hasil regresi linear berganda dengan variabel LV, MHV, HV terhadap nilai kondisi jalan didapatkan persamaan Y = 90,892 – 0,016 X1-0,033 X2-0,110 X3 dengan R2 0,827. Hasil regresi dengan hubungan terkuat dimiliki oleh hubungan antara LV, MHV, HV, MC terhadap nilai kondisi jalan dengan persamaan Y = 91,329– 0,017 X1-0,029X2-0,107X3-0,001X4 dengan R2 0,830. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin banyaknya volume dari variasi moda transportasi berpengaruh menurunkan kondisi jalan, dan semakin tinggi volume jenis kendaraan maka kondisi jalan semakin buruk.
Kata Kunci: pemodelan, volume kendaraan, kondisi kerusakan jalan, metode PCI, analisis regresi.
The condition of road damage is a condition where the road is not able to provide optimal service for the needs of the community for vehicles that cross the road. One of the causes of road damage is caused by an increase in the volume of vehicles. By Pass Krian Road is a strategic road as a transportation route between cities such as Surabaya-Madiun-Solo-Jogja and has regional potential such as industry, education, trade. This results in an increase in the volume of variations in transportation modes that have the potential to reduce road conditions. The purpose of this study was to determine the relationship between vehicle volume and road condition values using regression with SPSS software. The PCI method was chosen because it provides a more detailed way to assess road conditions and the use of SPSS makes data analysis easier. The selection of the right regression model in this study is linear regression. Light Vehicles obtained the equation Y = 91,167-0,091 X with R2 0,588. Medium Heavy Vehicles obtained the equation Y = 83,159-0,131 X with R2 0.734. For Heavy Vehicles, the equation Y = 87,917–0,162X with R2 is 0,802. Motor Cycle obtained equation Y = 69,932 – 0,015X with R2 0,347. The result of multiple linear regression is the effect of LV, MHV, HV (No MC) on the value of road conditions, the equation Y = 90,892 – 0,016 X1-0,033 X2-0,110 X3 with R2 0,827. The regression results with the strongest relationship are LV, MHV, HV, MC on the value of road conditions with the equation Y = 91,329– 0,017 X1-0,029X2-0,107X3-0,001X4 with R2 0,830. It reduces road conditions so that the higher the volume of vehicle types, the worse the road conditions.
Keywords: modelling, vehicle volume, road damage condition, PCI method, regression analysis.