PENERAPAN PELAYANAN PROGRAM APLIKASI INLISLITE DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI JAWA TIMUR
APPLICATION OF INLISLITE APPLICATION PROGRAM SERVICES IN LIBRARY AND ARCHIVES OF EAST JAVA PROVINCE
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur telah menerapkan pelayanan berbasis elektronik yaitu program aplikasi Inlislite. Pada sistem elektronik yang berbasis teknologi informasi dapat memudahkan pelayanan menjadi lebih baik dan berkualitas. Terdapat tujuan pada penelitian ini yaitu guna mengetahui dan menggambarkan penerapan pelayanan berbasis elektronik program aplikasi Inlislite di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Pendekatan penelitian yang dipergunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Seksi bagian Pelayanan dan Informasi dan pegawai yang menggunakan pelayanan elektronik Inlislite di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi dan pencarihan yang terdapat pada data online. Adapun teknik analisis data yang pada akhirnya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan pelayanan program aplikasi Inlislite di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menggunakan 6 Indikator Pelayanan Publik dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No 63 Tahun 2003 yaitu untuk indikator Transparansi yang informasinya sudah transparan tetapi pustakawan dan pegawai tidak dapat mengakses akun satu sama lain, untuk indikator Akuntabilitas sudah terdapat peraturan yang mendukung dalam pelaksanaan penyelenggaraan pelayanan program aplikasi Inlislite, untuk indikator Kondisional masih terdapat masalah mengenai efisien dan efektifitas yaitu server program aplikasi Inlislite loadingnya lama sehingga pengunjung juga menunggu mengakibatkan pengantrian, untuk indikator Partisipatif sudah baik antara pustakawan maupun pegawai yang berpartisipati dalam pelaksanaan program aplikasi Inlislite, untuk indikator Kesamaan Hak tidak ada deskriminasi dalam pelaksanaan pelayanan, untuk indikator Keseimbangan Hak dan Kewajiban sudah seimbang karena pustakawan dan pegawai sudah mendapatkan haknya yaitu pelayanan yang baik dan kewajibannya terdapat kemauan dalam mempelajari aplikasi Inlislite. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pelayanan Inlislite sudah berjalan cukup baik tetapi masih ada yang kurang sesuai dan masih adanya ketidaksempurnaan dalam prosesnya.
Kata Kunci: pelayanan publik, sistem elektronik, aplikasi inlislite.
The East Java Province Library and Archives Service has implemented an electronic-based service, the Inlislite application program. In electronic systems based on information technology can facilitate services to be better and quality. The purpose of this research is to find out and describe the application of electronic-based services in the Inlislite application program at the Library and Archives Service in East Java Province. The research approach used is a qualitative approach with descriptive methods. The research subjects consisted of the Head of the Services and Information Section and employees who used the Electronic Inlislite service at the East Java Province Library and Archives Service. Data collection techniques consist of observation, interviews, documentation and search found in online data. The data analysis techniques that ultimately use data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study stated that the application of Inlislite application program services in the Library and Archives Service of East Java Province uses 6 Public Service Indicators in the Decree of the Minister of Administrative Reform No. 63 of 2003, namely for Transparency indicators whose information is transparent but librarians and employees cannot access one account. Equally, for the Accountability indicator there are regulations that support the implementation of Inlislite application program services, for Conditional indicators there are still problems regarding efficiency and effectiveness, namely the Inlislite loading application program server takes a long time so visitors are also waiting to cause queues, Participatory indicators are already good among librarians and employees who participate in the implementation of the Inlislite application program, for Equal Rights indicators there is no discrimination in the implementation of services, for the Rights and Kew Balance indicators the aide is balanced because the librarians and employees already have their rights, namely good service and the obligation there is a willingness to learn the application of the Inlislite. The results of this study indicate that the application of Inlislite services has run quite well but there are still some that are not appropriate and there are still imperfections in the process.
Keywords: public services, electronic systems, inlislite application.