PENGARUH
KEMAMPUAN INFORMATIKA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN GAMBAR
TEKNIS SECARA DIGITAL DI KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TATA BUSANA SMKN 1 JABON
Nama Penulis :
Shafanissa Aulia Rahma
NIM :
20050404023
Program Studi :
S1 Pendidikan Tata Busana
Fakultas :
Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembelajaran secara teori dalam
elemen Informatika tanpa adanya praktik menyebabkan siswa siswi SMK, khususnya
pada keahlian Tata Busana, kemampuan informatika mempengaruhi pembelajaran pada
elemen Gambar Teknis secara digital. Tujuan penelitian yang dilaksanakan adalah
1) mengetahui kemampuan Informatika
siswa, 2) melihat hasil belajar
siswa pada Elemen Gambar Teknis secara digital, 3) melihat seberapa pengaruh
kemampuan Informatika siswa terhadap hasil belajar pada Elemen gambar teknis
secara digital. Dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2023/2024 penelitian
ini berjalan menggunakan populasi sebanyak 35 siswa di kelas XI-DPB 1 SMKN 1
Jabon. Dalam penelitian ini menggunakan metode ex-post facto kuantitatif, pengumpulan data menggunakan dokumentasi
dan tes kinerja. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa 1) kemampuan
informatika siswa menghasilkan 100% tuntas dengan sangat baik, 2) hasil belajar
siswa pada elemen gambar teknis menunjukkan 100% ketuntasan sangat baik,
diberikannya expert judgment kepada
guru keahlian di SMK dengan hasil 100% valid, 3) adanya pengaruh kemampuan
informatika terhadap hasil belajar gambar teknis siswa yang positif dengan
nilai Uji-t 2,156> 1,70113 dengan data normalitas informatika Sig.
0,059>0,05 dan nilai gambar teknis Sig. 0,078>0,05, maka berdata normal. Deviation from Linier Sig.
0,573>0,05, memiliki hubungan yang linier. Maka dapat disimpulkan bahwa
kemampuan Informatika berpengaruh terhadap hasil belajar gambar Teknis secara
digital di Kelas XI Desain Produksi Busana 1 SMK Negeri 1 Jabon.
Kata Kunci: Pengaruh,
Kemampuan Informatika, Hasil belajar