Profil Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa dan Implementasi Model Inkuiri Terstruktur di SMA
Profile of Student's Problem Solving Skills and the Impementation of Structured Inquiry Models in Senior High Schools
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan profil keterampilan pemecahan masalah siswa dan penerapan model inkuiri terstruktur di SMA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pendahuluan, dengan teknik pengumpulan data berupa angket wawancara siswa, wawancara guru, dan tes tertulis. Kemudian data yang telah diperoleh akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada 24 siswa kelas XII-MIPA di salah satu SMA di Kabupaten Gresik. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan temuan berupa 1) Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam kategori rendah dengan rentang nilai 0 - 1,00 sebanyak 11 siswa dan kategori sedang dengan rentang nilai mulai dari 1.01-2.00 sebanyak 13 siswa, 2) Kriteria keterampilan pemecahan masalah terendah pada butir A- Asen masalah (Mengidentifikasi prinsip-prinsip masalah yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah) dengan nilai rata-rata 0,375, 3) Penerapan Model inkuiri terstruktur diharapkan dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah yang dimiliki siswa. Dapat disimpulkan apabila keterampilan pemecahan masalah yang dimiliki siswa ialah rendah, maka perlu dilakukan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan metode pembelajaran baru yang belum pernah diajarkan kepada siswa.
Kata kunci: PhET; Keterampilan Pemecahan Masalah; Pertanyaan Terstruktur
Abstract
This study aims to get a profile of students' problem-solving skills and the implementation of structured inquiry models in senior high schools. This type of research used in this study is preliminary research, with data collection techniques in the form of student interview questionnaires, teacher interviews, and written tests. Then the data that has been obtained will be analyzed descriptively qualitatively. This research was conducted on 24 students of class XII-SCIENCE in one of the high schools in the district of Gresik. Based on the results of the study found findings in the form of 1) The ability of students to solve problems in the low category with a range of grades from 0 to 1.00 as many as 11 students and the medium category with a range of grades from 1.01-2.00 as many as 13 students, 2) Criteria for the lowest problem-solving skills at point A- Assen the problem (Identifying the principles of the problem needed to solve the problem) with an average value of 0.375, 3) The application of structured inquiry models is expected to be able to improve problems solving skills possessed by students. It can be concluded if the problems solving skills possessed by students are low, so it is necessary to increase the problems solving skills of students by using new learning methods that have never been taught to students.
Keywords: PhET; Problem Solving Skills; Structured Inquiry