Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Media Papan Flanel Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kemala Bhayangkari 76 Babat – Lamongan dengan latar belakang dengan hasil observasi maka ditemukan kendala dalam rendahnya kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B yang masih belum optimal. Hal ini diketahui bahwa terdapat 12 anak yang mengalami kesulitan dan terhenti pada bilangan tertentu atau menyebutkan bilangan secara acak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media papan flanel angka terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 76 Babat – Lamongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan Jenis Quasi Eksperimental Design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B dengan jumlah 16 anak di TK Kemala Bhayangkari 76 Babat – Lamongan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Uji U yaitu Mann-Whithney U Test. Peneliti menggunakan uji U karena bentuk hipotesis yang ditetapkan oleh peneliti menggunakan komparatif dua sampel independen dengan bentuk data berupa ordinal.
Berdasarkan hasil perhitungan uji Mann-Whithney U Test menunjukkan bahwa Thitung = 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan N = 16 diperoleh Ttabel sebesar 12 (Thitung <Ttabel = 0<13) sehingga berhipotesis adanya pengaruh media papan flanel angka terhadap kemampuan berhitung permulaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan flanel angka pengaruh dalam kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 76 Babat – Lamongan.
Kata Kunci : Berhitung permulaan, Media papan flanel angka, anak kelompok B
This study discusses the Influence of Number Flannel Board Media on Beginning Counting Ability in Children Aged 5-6 Years in Kindergarten Kemala Bhayangkari 76 Babat - Lamongan against the background with the results of observations found obstacles in the low initial numeracy ability of group B children that are still not optimal. It is known that there are 12 children who have difficulty and are stopped at certain numbers or random numbers.
This study aims to determine the effect of the number flannel board media on the initial numeracy ability in children aged 5-6 years in TK Kemala Bhayangkari 76 Babat - Lamongan.
This research uses a quantitative descriptive approach with a Quasi Experimental Design Type. The sample in this study was group B children with 16 children in kindergarten Kemala Bhayangkari 76 Babat - Lamongan. Data collection techniques using observation and documentation techniques. The data analysis technique of this research used the U-test, the Mann-Whithney U Test. The researcher uses the U test because the form of the hypothesis determined by the researcher uses the comparative two independent samples with the form of ordinal data.
Based on the results of the Mann-Whithney U Test test results show that Tcount = 0 is smaller than Ttable with a significant level of 5% with N = 16 obtained Ttable of 12 (Tcount <Ttable = 0 <13) so as to hypothesize the influence of numerical flannel board media on the ability count the start. Thus, it can be concluded that the use of flannel board media influences the numbers in the initial numeracy ability in children aged 5-6 years in TK Kemala Bhayangkari 76 Babat - Lamongan.
Keywords : Beginning calculation, number flannel board media, group B children