THE EFFECTIVENESS OF THE ROLE OF PARENTS ON LEARNING INTERESTS OF CHILDREN AGE 12-15 YEARS OLD IN BDR IN THE VILLAGE OF RANDUAGUNG KECAMATAN GRESIK
Di masa pandemi Covid 19 dibutuhkan peran orang tua untuk meningkatkan minat belajar anak ketika belajar dari rumah berlangsung. Minat adalah hal yang sangat penting dalam pendidikan. Dengan adanya minat, anak akan sangat mudah menerima hal baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas peran orang tua selama anak belajar dari rumah terhadap minat belajar anak selama melakukan belajar dari rumah . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Uji validitas menggunakan korelasi product moment sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alfa . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu orang tua yang memiliki anak umur 12-15 tahun di desa Randuagung Gresik sebanyak 30 orang. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dan analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Teknik pengambilan data menggunakan metode angket skala likert. Hasil dari analisis efektifitas peran orang tua terhadap minat belajar anak dalam BDR (Belajar Dari Rumah) menunjukkan tingkat koefisien korelasi 0,781 dengan signifikansi sebesar 0,05(p<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara efektifitas peran orang tua dan minat belajar anak dalam BDR (Belajar Dari Rumah).
During the pandemic Covid 19 it took the role of parents to increase the interest of children in learning from home. Interest is a vey important thing in education. With Interest, children will very easily accept new things. The research aims to determine the effectiveness of the role of parents for children learning from home to their interest in learning during learning from home. The approach used in the research is quantitative using descriptive analysis. The validity test uses the product moment correlation while the reliability test uses Cronbach Alfa. The sample used in this research were 30 parents who have children 12-15 years old in the village of Randuagaung Gresik. In this research , the sampling technique used proportional random sampling and data analysis used Product Moment Correlation. The data collection technique used a likert scale questionnaire method. The results of the analysis of the roles of parents and interest in child learning from home indicate a coefficient rate of 0,781 with a significant 0,05 (p<0,05). So it can be concluded that there is a significant relationship between the effectiveness of the role of parents and childrens interest in leraning from home.