TE ABINGKE
SEBUAH KONSTRUKSI SPIRIT ETOS KERJA BUDAYA EGALITER MADURA DI PESISIR KENJERAN SURABAYA DALAM BENTUK KOREOGRAFI LINGKUNGAN
A SPIRIT CONSTRUCTION OF MADURA EGALITER CULTURE WORKING ETHOS IN THE KENJERAN COAST OF SURABAYA IN THE FORM OF ENVIRONMENTAL CHOREOGRAPHY
Kata kunci: Te Abingke, etos kerja, egaliter, koreografi lingkungan.
Pesisir Kenjeran Surabaya merupakan daerah yang mayoritas penduduknya beretnis Madura. Budaya egaliter sangat melekat pada tubuh masyarakat wilayah tersebut. Sifat menjunjung tinggi persaudaraan dan persamaan hak diterapkan dalam bekerja, sebagaimana norma yang dipegang oleh wanita Madura tentang tidak adanya batas di Madura dan perjuangan memperbaiki kehidupan sehingga terdapat etos kerja yang sangat tinggi dalam lingkup tersebut. Hal ini dianggap penting dan menarik untuk diungkap ke ranah publik guna menjunjung tinggi keadilan sosial dan persamaan hak sehingga tidak ada lagi deskriminasi gender. Oleh karenanya dalam penulisan ini koreografer mengangkat Te Abingke sebagai sebuah karya tari berdasarkan sebuah konstruksi spirit etos kerja budaya egaliter Madura di pesisir Kenjeran Surabaya dengan pendekatan koreografi lingkungan yang memiliki tujuan penciptaan mengkonstruksi spirit etos kerja budaya egaliter Madura dengan bentuk koreografi lingkungan dan tujuan penulisan untuk mendeskripsikan serta menganalisa spirit etos kerja budaya egaliter Madura di pesisir Kenjeran Surabaya. Manfaat karya ini tidak hanya untuk koreografer, tetapi untuk masyarakat dan lembaga.
Fokus dalam garap tari ini ada dua yakni bentuk dan isi. Fokus isi diambil dari teori etos kerja oleh Tebba dan teori egaliter oleh Nugroho sehingga memunculkan idesional berupa spirit etos kerja egaliter berdasarkan fenomena perempuan etnis Madura di Pesisir Surabaya. Fokus bentuk pada karya tari ini yaitu koreografi lingkungan bersitus masyarakat dengan teori Hendro Martono dimana beradaptasi secara embody. Selain teori tersebut, karya ini juga menggunakan pendekatan teori prinsip bentuk seni oleh Murgiyanto, elemen dasar komposisi tari oleh Murgiyanto, desain oleh Smith. Relevansi karya yang dipilih juga meliputi karya yang dapat menjadi referensi yang memiliki korelasi pada garap tari Te Abingke yang dilihat dari metode, konsep, teknik, dan gaya.
Pendekatan penciptaan karya ini adalah metode konstruksi I oleh Jacquelline Smith. Penyusunan konsepnya berupa tema, judul dan sinopsis, tipe tari, mode penyajian, teknik, gaya, pemain dan istrumen yang meliputi tata teknik pentas dan iringan musik, skenario garap. Proses penciptaan karya ini diawali dengan rangsang awal berupa rangsang visual yang kemudian ditindak lanjut menjadi idesional, kemudian melakukan eksplorasi, improvisasi, evaluasi dan teknik penyampaian materi pada tim.
Karya tari ini memiliki lima adegan yaitu adegan penjemur ikan, adegan lemari, adegan kerja, adegan egaliter dan adegan bersyukur. Selain itu, terdapat 26 ragam gerak dan 19 pola lantai dan empat properti berupa sarung, lemari, tampah dan jala yang memiliki esensi sesuai kebutuhan garap. Tata rias dan busana dipilih tidak hanya berdasarkan menggambarkan karakter garap tetapi menyesuaikan warna lokasi yang dapat ditangkap dalam mata kamera. Iringan dalam garap ini adalah internal dan eksternal yang kemudian melalui proses finishing secara digital karena garap tari ini disajikan secara virtual.
Te Abingke merupakan sajian karya tari virtual memberi pesan pada publik mengenai prinsip egaliter yang mencakup keadilan, persamaan dan kemerdekaan serta prinsip etos kerja bahwa kerja adalah amanah, rahmat, panggilan, aktualisasi diri, ibadah, seni, pelayanan maupun kehormatan ditawarkan dengan mempertimbangkan dinamika garap dramatik dengan tawaran gaya emblim tubuh Madura dan gaya assertive koreografer. Mode penyajian garap cenderung simbolis yang pendekatannya melalui ruang lingkungan tersebut, sehingga ruang merupakan kekuatan emosional yang dapat membangun suasana untuk mengungkap nilai-nilai konsep egaliter etos kerja masyarakat Madura. Selain itu, penyajian secara virtual menjadikan garap karya ini sangat mempertimbangkan aspek ruang dengan permainan fokus pandangan yang diterapkan pada permainan mata kamera.
Keywords: Te Abingke, work ethic, egalitarian, environmental choreography.
The Kenjeran Coast of Surabaya is an area whose population is of Madurese ethnicity. Egalitarian culture is very attached to the body of the community in the region. The nature of upholding brotherhood and equality of rights is applied in work, the norms of work held by Madurese women regarding the absence of boundaries in Madura and the struggle to improve life so that there is a very high work ethic in this scope. This is important and interesting to disclose in the public sphere in order to uphold social justice and equality of rights so that gender discrimination will no longer exist. Guided by a choreographer, lifting Te Abingke as a dance work based on a spirit of construction of an egalitarian Madurese cultural work ethic on the Kenjeran coast of Surabaya with an environmental choreography approach which aims to construct the spirit of a Madurese egalitarian work ethic with environmental choreography and the aim to describe and analyze the spirit of ethos. work of Madurese egalitarian culture on the coast of Kenjeran Surabaya. The benefits of this work are not only for choreographers, but for society and institutions.
There are two focuses in working on this dance, namely form and content. The focus of the content is taken from the work ethic theory by Tebba and the egalitarian theory by Nugroho so that it gives rise to an ideal in the form of an egalitarian work ethic spirit based on the phenomenon of Madurese ethnic women in Pesisir Surabaya. The focus of the form in this dance work is the choreography of the community-based environment with Hendro Martono's theory which adapts embodically. Apart from this theory, this work also uses the principles of art form theory approach by Murgiyanto, basic elements of dance composition by Murgiyanto, design by Smith. The relevance of the work chosen also includes works that can be used as references that have a correlation with the work of the Te Abingke dance as seen from the methods, concepts, techniques, and styles.
The approach to the creation of this work is the construction method I by Jacquelline Smith. The drafting of the concept is in the form of a theme, title and synopsis, type of dance, mode of presentation, technique, style, performers and instruments which include performance techniques and musical accompaniment, working scenarios The process of creating this work begins with initial stimulation in the form of visual stimulation which is then followed up to become idealistic, then explores, improvises, evaluates and techniques to deliver material to the team.
This dance work has five scenes, namely a fish drying scene, a wardrobe scene, a work scene, an egalitarian scene and a grateful scene. In addition, there are 26 types of motion and 19 floor patterns and four properties in the form of sarong, cupboard, tampah and mesh which have the essence according to the needs of the work. Make-up and clothing are chosen not only based on depicting the character of the work but adjusting the color of the location that can be captured in the eye of the camera. The accompaniment in this work is internal and external which then goes through a digital finishing process because the dance work is presented virtually.
Te Abingke is a presentation of virtual dance works giving a message to the public regarding egalitarian principles which include justice, equality and independence as well as the principle of work ethic that work is a mandate, grace, vocation, self-actualization, worship, art, service or honor offered by considering the dynamics of dramatic work. with a Madurese emblematic style offering and assertive choreographer style. The mode of presenting the work tends to be symbolic with its approach through the environmental space, so that space is an emotional force that can build an atmosphere to reveal the values of the egalitarian concept of the work ethic of the Madurese community. In addition, the virtual presentation makes working on this work really consider the spatial aspect with the focus game view applied to the camera eye game.