STUDENTS PERCEPTION ON USING QUIZIZZ IN READING COMPREHENSION AT ONE OF VOCATIONAL SCHOOLS IN JOMBANG
PERSEPSI SISWA SAAT MENGGUNAKAN QUIZIZZ DALAM PEMAHAMAN BACAAN PADA SALAH SATU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI JOMBANG
Saat ini, teknologi sudah menyatu dengan aktivitas kebanyakan orang. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam pendidikan adalah media pembelajaran yang dapat membantu tenaga pendidik untuk mencapai pemahaman yang lebih baik selama proses belajar-mengajar dengan lebih efisien dan efektif. Salah satu media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris adalah Quizizz. Peneliti ingin mengetahui ide dan pengalaman siswa selama menggunakan Quizizz dalam pemahaman bacaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan peserta sepuluh siswa kelas X di salah satu SMK di Jombang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa sudah terbiasa dengan Quizizz untuk diterapkan dalam pemahaman bacaan. Mereka percaya bahwa Quizizz adalah media pembelajaran yang lebih baik untuk digunakan daripada media tradisional dan ingin terus menggunakannya dalam setiap pelajaran bahasa Inggris. Quizizz memiliki banyak manfaat, seperti mudah digunakan, membantu mengingat materi untuk belajar lebih baik, dan membuat mereka merasa termotivasi saat melihat papan peringkat. Quizizz juga memiliki kekurangan dalam proses belajar mengajar.
Nowadays, technology is already corporate with most peoples activities. One example of the use of technology in education is a variety of learning tools that could help a learner to achieve a better understanding during the teaching-learning process in the class more efficiently and effectively. One of the learning media tools used in the English learning process is Quizizz. The researcher wants to know students ideas and experiences using Quizizz in reading comprehension. This study is qualitative research, with ten students from 10th grade at one vocational high school in Jombang as participants. In this study, the researcher used semi-structured interviews. This studys results reveal that most students are already familiar with Quizizz to implement in reading comprehension. They believe that Quizizz is a better learning media to use than traditional media and want to use it in every English lesson. Quizizz has many benefits, such as being easy to use, helping recall material for learning better, and making them feel motivated when they see the ranking leaderboard. Quizizz has drawbacks in the teaching and learning process as well.