EFL STUDENTS' PERCEPTION TOWARDS EXTENSIVE READING PRACTICES IN HIGHER EDUCATION LEVEL
PERSEPSI SISWA EFL TERHADAP PRAKTIK MEMBACA EKSTENSIF DI TINGKAT PENDIDIKAN TINGGI
Kegiatan extensive reading yang mana memandang membaca sebagai sebuah kegiatan untuk kesenangan dan untuk mencari informasi umum merupakan program yang penting untuk diterapkan oleh siswa EFL (English as a Foreign Language) di Indonesia, khususnya siswa-siswa pada tingkat yang lebih tinggi, yakni di Universitas dengan jurusan Bahasa Inggris. Diketahui bahwa kegiatan extensive reading mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa EFL dari penelitian sebelumnya; oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti persepsi siswa pada extensive reading, jenis buku yang mereka sukai, dan juga manfaatnya pada kemampuan bahasa Inggris mereka. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Surabaya di mana peneliti memilih sepuluh mahasiswa senior dari jurusan bahasa Inggris yang telah menempuh mata kuliah extensive reading di semester mereka sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara semi-struktural sebagai instrumen pengambilan datanya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mempunyai pendapat yang baik mengenai extensive reading di mana mereka juga menyadari bahwa extensive reading adalah kegiatan membaca untuk kesenangan, mencari informasi umum, dan juga membaca sebanyak yang mereka kehendaki tanpa adanya tekanan untuk memilih materi yang hendak dibaca. Novel (genre fiksi), berita, dan jurnal adalah jenis materi yang dipilih siswa ketika melakukan extensive reading. Disamping itu, berdasarkan persepsi mereka, extensive reading dapat memberi pengaruh yang baik terhadap peningkatan pengetahuan dan kemampuan bahasa Inggris mereka, seperti menulis, berbicara, mendengarkan, membaca, dan penguasaan kosa kata serta tata bahasa. Sebagai tambahan, beberapa saran diberikan kepada siswa untuk secara konsisten menerapkan extensive reading sebagai salah satu kegiatan penting dalam aktivitas sehari-hari.
Extensive reading practices which considered as reading for pleasure and search for general information is an important program to be implemented by EFL (English as a Foreign Language) students in Indonesia, especially for students in higher education in which English is as their major. Extensive reading practices have been proven by the previous study that it could improve EFL (English as a Foreign Laguage) students' English skills; therefore, this study aimed to investigate the students perceptions in relation to their extensive reading subject, kinds of materials that they preferred, and its benefit to their English skills. This study was conducted in Universitas Negeri Surabaya whereby the researcher selected ten senior English department students who have already received the extensive reading subject in their previous semesters. This study used a qualitative method with a semi-structure interview as an instrument. The result of this study showed that the students have good perceptions towards extensive reading practices in which they considered if extensive reading is a reading activity for pleasure and information search where they can read material without any restraint. Novel (fiction genres), news, and journal were the materials that the students chose when they implemented extensive reading practices. Besides, extensive reading practices also contributed to the enhancement of their knowledge and English skills such as writing, speaking, listening, reading, vocabulary mastery, and grammar. In addition, some suggestions were given to the students to continually implement extensive reading as one of their habits in their daily activity.