DEVELOPMENT OF E-MODUL ANNOUNCEMENT FOR ENGLISH SUBJECT FOR CLASS ENGLISH SUBJECT FOR CLASS X SMK NEGERI 1 JOMBANG
Berdasarkan permasalahan di SMK Negeri 1 Jombang kelas X mata pelajaran Bahasa Inggris materi announcement (pengumuman), peneliti mendapatkan kondisi riil proses pembelajaran, terdapat kendala yaitu guru lebih menerapkan metode ceramah dimana peserta didik akan cepat merasa jenuh dan bosan karena penyampaian materi oleh guru yang kurang menarik bagi peserta didik, media yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang efektif, dan masih banyak peserta didik yang nilainya dibawah 65. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan untuk mengetahui kelayakan E-modul materi Announcement (pengumuman) kelas X SMK Negeri 1 Jombang. Model yang digunakan untuk pengembangan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluasi) oleh Romiszowski. Metode pengumpulan data dalam pengembangan ini menggunakan wawancara serta angket. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk uji kelayakan ahli materi dan ahli media. Analisis data yang diperoleh dari ahli materi untuk menilai kelayakan materi mendapatkan presentase 100%. Analisis data yang diperoleh dari ahli media untuk menilai kelayakan E-modul mendapat presentase sebanyak 93,3%. Analisis data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil sebanyak 6 orang mendapat persentase sebanyak 100%. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, hasilnya rata-rata masuk dalam kualifikasi sangat baik dengan nilai 90% - 100% dan dapat disimpulkan E-modul materi Announcement (pengumuman) kelas X SMK Negeri 1 Jombang ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, E-modul Announcement, Bahasa Inggris.
Based on the problems at SMK Negeri 1 Jombang class X in English subject matter announcement, the researcher found that the real condition of the learning process had an obstacle, namely that the teacher applied more lecture and discussion methods where students would quickly feel bored and bored because the delivery of material by the teacher was less attractive to them. learners. The media used in the learning process is less effective and there are still many students whose scores are below 65. This research aims to produce an e-module product and to determine the feasibility of an E-module material Announcement of X class SMK Negeri 1 Jombang. The model used for development is the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluasi) by Romiszowski. Data collection methods in this development used interviews and questionnaires. A feasibility test for material experts and media experts are used as t he data collection techniques. The data obtained, analyzed using material experts to assess the feasibility of the material, get a percentage of 100%. The data obtained from media experts to assess the feasibility of E-module received a percentage of 93.3%. The data obtained from small group trials of 6 people to assess the feasibility of E-module received a percentage of 100 %.. Thus, based on the results of the analysis that has been carried out, the average results are included in very good qualifications with a value of 90% - 100%. It can be concluded that the E-module material Announcement of X class SMK Negeri 1 Jombang is suitable to be used in the learning process.
Keywords: Development, E-module Announcement, English.