Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model Pembelajaran Konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA pada materi belajar hidrokarbon. Perangat pembelajaran diuji coba pada kelas XI, SMA Negeri 18 Surabaya pada semester ganji tahun ajaran 2017/2018. Uji coba dilakukan dengan rancangan one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar. Temuan hasil Penelitian yaitu: 1) validitas perangkat pembelajaran dikatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran; 2) Kepraktisan meliputi keterlaksanaan RPP berkategori tinggi, aktivitas siswa sangant proaktif; respon siswa; dan kendala-kendala dalam pembelajaran; 3) Keefektifan perangkat pembelajaran meliputi Tingkat Pembelajaran Konsep dan Tes Hasil Belajar siswa juga sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Pembelajaran Konsep dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
this study develop a learning materials of the concept learning model to develop learning outcomes of high school student in hydrocarbon. The development of learning materials using the Concept learning model was tested in class XI, SMA 18 Surabaya in the odd semester of 2017/2018 school year. The trial was conducted with the design of one group pretest-posttest design. The instrument used is a learning outcome test instrument. The findings of the research results are: 1) Variables related to the validity of learning devices are said to be feasible to be used in learning activities; 2) practically includes the implementation of high category RPP, the activity of student is very active; student response; and constraints in learning; 3) The effectiveness of learning devices includes the high level of learning concept and test of learning outcomes student are also very good, this shows that the use of concept learning model has significatn influence on student learning outcomes.